INFO PENTING
Home / Berita / Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan Lanjutan

Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan Lanjutan

Menindaklanjuti Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan yang telah dilaksanakan oleh LPMP DIY pada tanggal 7 sampai dengan 10 September 2015 dengan peserta Kepala Seksi dan staf PMS LPMP se-Indonesia, beberapa LPMP telah  melaksanakan workshop Penjaminan Mutu Pendidikan lanjutan di LPMP masing-masing. Kegiatan lanjutan ini dilaksanakan dengan mengundang narasumber dari LPMP D.I. Yogyakarta, dengan materi model penjaminan mutu pendidikan yang telah dikembangkan oleh tim penjaminan mutu LPMP D.I. Yogyakarta.

LPMP yang telah melaksanakan Workshop lanjutan pada bulan Oktober adalah LPMP Provinsi Gorontalo dengan mengundang Kepala Seksi PMS LPMP DIY, Dra. Titi Sulistiyani, M. Pd serta Susianto, Staf PMS LPMP DIY.   Sasaran dalam kegiatan ini adalah para pengawas sekolah Menengah khususnya SMP, struktural yang menangani sekolah menengah (SMP) di dinas kabupaten/kota se provinsi Gorontalo sejumlah 60 orang. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 sampai dengan 18 Oktober 2015 ini menitik beratkan pada kegiatan penyusunan dokumen mutu berdasarkan Standar Nasional Pendidikan, serta pengenalan Audit Mutu Internal.

Selanjutnya, pada bulan November 2015, tercatat beberapa LPMP telah melaksanakan Workshop serupa. Pada tanggal 5 sampai dengan 6 November, LPMP Maluku Utara mengundang 15 peserta yang terdiri dari Pengawas Sekolah, Widyaiswara, LPMP, Dosen Universitas Khairun untuk mengikuti workshop ini dalam rangka mempersiapkan Capasity Building Audit Mutu Internal yang akan diselenggarakan di Maluku Utara. LPMP D.I. Yogyakarta menugaskan DR. Arwan Rifai, M. Pd untuk mendampingi peserta dalam memahami Audit Mutu Internal.

Selain itu, LPMP Provinsi Kepulauan Riau mengundang Kasi PMS LPMP D.I. Yogyakarta, Dra. Titi Sulistiyani, M. Pd pada tanggal 6 sampai dengan 8 November untuk menyampaikan materi dalam Rakor Penyusunan Strategi Program Sekolah Berbasis SNP. Kegiatan yang dilaksanakan di Bintan Permata Hotel, Tanjungpinang ini dihadiri oleh peserta yang terdiri dari pejabat struktural Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, serta perwakilan dari sekolah di provinsi Kepulauan Riau.

Selanjutnya, LPMP Provinsi Maluku menghadirkan DR. Arwan Rifai dari LPMP D.I. Yogyakarta untuk menjadi salah satu pemateri dalam Capacity Building SBSNP yang dilaksanakan di LPMP Provinsi Maluku. Dalam kegiatan selama empat hari, yaitu dari tanggal 10 sampai dengan 13 November 2015 ini DR Arwan Rifa’i memberikan materi tentang Konsep dan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Kegiatan dihadiri oleh 154 peserta yang terdiri dari Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, serta tim penjaminan mutu sekolah yang berasal dari tiga Kota/Kabupaten, yaitu Kota Ambon, Kabupaten Maluku Tengah dan Kabupaten Buru.

Pada tanggal 13 sampai dengan 15 November 2015 Mustari, M. Si didaulat sebagai pemateri untuk LPMP Kalimantan Selatan. Materi dalam workshop ini adalah Konsep dan Strategi Penjaminan Mutu Pendidikan Berdasarkan SNP serta Penyusunan Dokumen Mutu. Peserta dalam kegiatan ini adalah 36 orang Tim Penjaminan Mutu sekolah Jenjang SMP di provinsi Kalimantan Selatan.

LPMP Aceh juga melaksanakan Capacity Building Audit Mutu Internal dengan menghadirkan DR. Arwan Rifa’i sebagai salah satu narasumber. Kegiatan dilaksanakan di LPMP Aceh pada tanggal 21 dan 22 November 2015. Selain itu, LPMP Sulawesi Utara juga mengundang DR. Arwan Rifa’I sebagai pembicara dalam workshop penjaminan mutu dengan penekanan pada Audit Mutu Internal. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 28 November dengan peserta sejumlah 30 orang yang terdiri dari Kepala Sekolah, Tim Penjaminan Mutu Sekolah, serta Bendahara Sekolah.

Dua orang Staf PMS yaitu Mustari, M. Si dan Hengky Fitriansyah SY, S. Si menjadi narasumber dalam kegiatan pelatihan penjaminan mutu di LPMP Sulawesi Tenggara. Kegiatan diikuti oleh 240 peserta yang terdiri dari Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah, serta Tim Penjaminan Mutu Sekolah dilaksanakan pada tanggal 26 sampai dengan 29 November 2015.Materi yang diberikan adalah Best Practices Model Penjaminan Mutu Pendidikan LPMP D.I. Yogyakarta.  LPMP Sumatera Utara juga mengundang dua narasumber dari LPMP D.I. Yogyakarta, yaitu Kepala Seksi PMS, Dra. Titi Sulistiyani, M. Pd dengan Susianto, M. Pd untuk mendampingi peserta dalam Workshop Penjaminan Mutu. Materi yang dibawakan adalah Konsep dan Strategi Penjaminan Mutu di Satuan Pendidikan, Penyusunan Dokumen Mutu serta Pengantar Audit Mutu Internal. Kegiatan diikuti oleh 46 peserta yang terdiri dari pejabat struktural LPMP, Widyaiswara, dan Pengawas Sekolah.

Bulan Desember menjadi penutup bagi kegiatan Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan. LPMP yang terakhir mengundang narasumber dari LPMP adalah LPMP Provinsi Riau dengan mengadakan Capacity Building Audit Mutu Internal yang diikuti oleh Kepala Sekolah dan Tim Penjaminan Mutu Sekolah yang berasal dari tiga Kota/Kabupaten, yaitu Kota Pekanbaru, Kabupaten Kuantan Senggigi, dan Kabupaten Dumai. Hasil dari CB ini adalah tersusunnya Perangkat Dokumen Mutu di Satuan Pendidikan serta pengenalan Audit Mutu Internal. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 9 sampai dengan 12 Desember 2015 bertempat di  LPMP Provinsi Riau dengan fasilitator Susianto, M. Pd.

Suasana Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Aceh

Suasana Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Aceh

Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Gorontalo

Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Gorontalo

Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Maluku

Workshop Penjaminan Mutu di LPMP Maluku

Salah satu peserta mempresentasikan hasil kerja pada Workshop Penjaminan Mutu di Sulawesi Utara.

Salah satu peserta mempresentasikan hasil kerja pada Workshop Penjaminan Mutu di Sulawesi Utara.

Pemaparan materi pada CB Penjaminan Mutu di LPMP Sulawesi Tenggara

Pemaparan materi pada CB Penjaminan Mutu di LPMP Sulawesi Tenggara

 

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates