INFO PENTING
Home / Berita / Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan bagi Kasi dan Staf PMS LPMP Seluruh Indonesia

Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan bagi Kasi dan Staf PMS LPMP Seluruh Indonesia

_MG_8566-2

Sesditjen Dikdasmen DR. Thamrin Kasman didampingi oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta, Drs. Harmanto, M. Si membuka acara Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan Bagi Kasi dan Staf PMS LPMP Seluruh Indonesia.

Pada tanggal 7 sampai dengan 10 September 2015 LPMP DIY mengundang seluruh LPMP di Indonesia untuk melaksanakan workshop penjaminan mutu pendidikan di Jogjakarta. Kegiatan dibuka oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Dalam sambutannya, antara lain DR. Thamrin Kasman, S.E., M. Si. menyatakan beliau sangat mendukung kegiatan seperti ini dan bahwa ke depannya tugas pokok LPMP difokuskan pada supervisi dan pemetaan terutama dalam memetakan keterlaksanaan 8 Standar Nasional Pendidikan (SNP) di satuan pendidikan, karena Ditjen Dikdasmen memerlukan LPMP sebagai kepanjangan tangan dalam melaksanakan kebijakannya.

Workshop ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut dari kesepakatan antar Kasi PMS seluruh LPMP di Indonesia tentang perlu adanya model Dokumen Mutu Implementasi SNP di satuan pendidikan sebagai respon terhadap “kebingungan” dari satuan pendidikan untuk menterjemahkan amanat PP no 32 tahun 2013. Oleh karena itu, workshop ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menyusun dokumen mutu implementasi SNP di satuan pendidikan dan instrumen audit mutu internal sebagai acuan pelaksanaan Program Penjaminan Mutu Pendidikan.

Kegiatan workshop penjaminan mutu pendidikan dilakukan dengan diskusi dan tanya jawab antara fasilitator dengan peserta. Materi pokok dalam kegiatan ini adalah Konsep Mutu dan Sistem Manajemen Mutu, Strategi Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, Implementasi SNP di Satuan Pendidikan melalui penyusunan dokumen mutu, serta Audit Mutu. Materi difokuskan pada 2 Standar, yaitu Standar Proses dan Standar Penilaian. Selama empat hari peserta berdiskusi tentang tahapan-tahapan penyusunan dokumen mutu dan praktek meyusun dokumen mutu pelaksanaan Standar Proses dan Standar Penilaian. Pemaparan dari fasilitator yang merupakan sharing pengalaman yang telah dilakukan oleh LPMP D.I.Yogyakarta dalam melaksanakan program penjaminan mutu di Provinsi D.I. Yogyakarta mengundang banyak sekali pertanyaan dan berbagi pengalaman dari peserta.

Sebagai hasil akhir, peserta memperoleh dokumen modul penjaminan mutu yang telah disusun oleh LPMP D.I.Yogyakarta, terdiri dari Buku I (Naskah Akademik Penjaminan Mutu Pendidikan), Buku II (Panduan Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan di Satuan Pendidikan) dan Buku III (Panduan Audit Mutu Internal). Workshop ditutup oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta yang dalam kesempatan ini menegaskan kembali pentingnya penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Peserta sepakat untuk mengadakan workshop lanjutan dengan materi pokok penyusunan dokumen mutu Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan. Adapun tempat pelaksanaan kegiatan akan ditentukan kemudian. Diharapkan kegiatan ini akan menjadi kegiatan berkelanjutan hingga mampu menyelesaikan dokumen mutu untuk seluruh Standar Nasional Pendidikan.

foto_bersama

Peserta Workshop Penjaminan Mutu Pendidikan Bagi Kasi dan Staf PMS LPMP Seluruh Indonesia.

IMG_4489-2

Penyerahan secara simbolis modul penjaminan mutu oleh Kepala LPMP D.I. Yogyakarta kepada peserta yang diwakili oleh Kasi PMS LPMP Sumatera Utara, Drs. Syahdian, M. Si.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates