INFO PENTING
Home / Artikel / Upaya Guru dalam Meningkatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Dimensi Moral dan Mental Secara Efektif di Sekolah

Upaya Guru dalam Meningkatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi Dimensi Moral dan Mental Secara Efektif di Sekolah

Upaya Guru dalam Meningkatan Pembelajaran untuk Meningkatkan Kompetensi

Dimensi Moral dan Mental Secara Efektif di Sekolah

oleh

Dra. Sri Heny Kusningsih

Situasi sekarang ini kurang menguntungkan bagi masyarakat diberbagai belahan bumi, berbagai faktor yang mempengaruhi bisa terjadi diantaranya adalah faktor ekonomi, sosial, budaya, media sosial dan berbagai hal yang mampu memicu timbulnya gejolak pada masyarakat, utamanya masyarakat yang kurang beruntung. Ketidakpastian di bidang ekonomi dan hukum menyebabkan masyarakat kurang nyaman dan tenang. Inflasi harga tidak dapat diprediksi merupakan salah satu faktor pemicu gejolak di masyarakat.

Akhir-akhir ini masyarakat merasa resah dan gelisah, karena perdamaian yang didambakan semakin jauh untuk dapat dinikmati. Berbagai upaya sudah ditempuh oleh stokeholder yang terkait, namun dengan berbagai upaya tersebut belum mampu menyelesaikan berbagai permasalahan yang urgent, belum mampu menciptakan suasana yang nyaman seperti yang diharapkan anggota masyarakat. Hal ini salah satu penyebab masyarakat belum mampu melaksanakan kewajibannya selaku warga negara yang baik, hanya mampu menuntut namun belum mampu memahami kewajibannya sebagai warga negara.

Kondisi yang penuh gejolak ini dikarenakan berbagai faktor yang memicu terciptanya suasana yang kurang kondusif. Beberapa faktor yang berdampak pada terciptanya suasana yang caruk maruk ini antara lain: kurangnya pemahaman tentang etika, kurangnya pemahaman tentang budaya, kurangnya pemahaman tentang budi pekerti, belum mampu berperannya orang tua murid dan guru sebagai role model baik di rumah maupun di sekolah dan banyak hal lain yang memicu terciptanya suasana yang penuh hiruk-pikuk di dunia ini. Oleh karena itu dimulai dari diri sendiri harus mampu menjadi contoh dan model bagi anggota masyarakat di manapun mereka berdomisili.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia harus dimulai dari sekarang. Masing-masing orang sebaiknya menginisiasi kegiatan yang memunculkan kreatifitas. Kreatifitas dan perbaikan budi pekerti harus diutamakan, karena kemerosotan moral dan mental serta daya juang generasi muda kurang gigih dimungkinkan karena para orang tua, guru, dosen, para pemuka agama serta pemimpin masing-masing institusi belum mampu menjadi suri tauladan bagi anak didik dan masyrarakat sekitarnya. Betapa sulitnya kita memajukan negara Indonesia sekarang ini. Untuk itu diperlukan upaya-upaya nyata dari para pemuka agama, pemuka masyarakat untuk mampu memposisikan diri secara perseorangan maupun kelompok untuk ikut berpartisipasi aktif dalam memperbaiki kinerja masing-masing baik secara perseorangan maupun kelompok. Melalui tulisan ini penulis berusaha memberi pandangan dalam rangka meningkatkan kinerja, memperbaiki moral dan mental masyarakat Indonesia.

Artikel selengkapnya dapat diunduh dengan cara klik tautan ini.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates