INFO PENTING
Home / Berita / Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan: Langkah Solutif Meningkatkan Mutu Pendidikan

Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan: Langkah Solutif Meningkatkan Mutu Pendidikan

Kiprah LPMP D.I. Yogyakarta dalam penjaminan mutu pendidikan telah dimulais ejak 2003, dan sepanjang perjalanannya telah banyak menorehkan kontribusi yang nyata di tingkat satuan pendidikan di D.I. Yogyakarta. Di tahun 2016 ini peran LPMP dalam penjaminan mutu pendidikan semakin strategis, dan LPMP D.I. Yogyakarta berinovasi dengan membentuk Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan yang disahkan pada tanggal 27 Juni 2016 berdasarkan SK Kepala LPMP D.I. Yogyakarta.

Di bawah arahan langsung dari Kepala LPMP, kerja unit layanan terbagi dalam dua bidang, Bidang Akademik sebagai think tank dan Bidang Manajemen sebagai supporting tank. Bidang Akademik membawahi Divisi Penelitian dan Pengembangan yang bertugas mengkaji, merumuskan, menyusun dan mengembangkan model serta perangkat/ materi pendukung Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan dan Divisi Akademik yang bertugas menyiapkan materi dan melaksanakan pembelajaran/ pelatihan kepada pihak-pihak terkait (internal maupun eksternal) tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan. Sementara itu Bidang Manajemen membawahi Divisi Pengendalian dan Evaluasi yang akan melakukan aksi terkait program dan kegiatan implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan serta melakukan monitoring dan evaluasi sebagai dasar rekomendasi perbaikan dan Divisi Humas dan Kemitraan yang melakukan tugas-tugas kehumasan dan marketing serta membangun jejaring kemitraan dengan stakeholder terkait.

Tak berlama-lama, Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan segera melakukan aksi awal berupa sosialisasi tentang penjaminan mutu pendidikan dan tugas unit layanan. Sosialisasi pertama dilakukan pada tanggal 27 Juli 2016 di hadapan jajaran fungsional Kanwil Kemenag (Kepala dan Pengawas Madrasah) Provinsi D.I. Yogyakarta, dan baru saja pada tanggal 1 Agustus 2016 sosialisasi struktur organisasi dan tugas Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan dilakukan pada kegiatan Diklat Karya Tulis Ilmiah bagi Guru SD yang diselenggarakan oleh Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Bantul.

Dengan kemitraan yang sinergis dan strategis, kedepannya Unit Layanan Penjaminan Mutu Pendidikan diharapkan menjadi sebuah terobosan yang solutif untuk mengaplikasikan penjaminan mutu pendidikan demi peningkatan mutu sekolah dan pendidikan secara luas di Yogyakarta.

struktur PMP

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates