INFO PENTING
Home / Berita / Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan

Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan

Kegiatan Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan (PMP) mengangkat tema “sak iyek sak eka praya” dalam meningkatkan mutu pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Tema ini diharapkan dapat menginspirasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta memiliki kesatuan hati, tekad, pendapat, dan tujuan, untuk melangkah bersama-sama memajukan pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta. Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan dilaksanakan selama 3 hari, pada tanggal 21-23 Maret 2017

Pelaksana kegiatan terdiri dari narasumber, moderator, penanggung jawab, dan panitia yang berasal dari unsur pejabat struktural eselon I Ditjen Dikdasmen, Dikpora D.I. Yogyakarta, BAP-SM DIY, AMIKOM Yogyakarta, Lembaga Ombudsman DIY, sekolah model (sekmod), dan LPMP D.I. Yogyakarta. Sedangkan peserta Sosialisasi Penjaminan Mutu Pendidikan berjumlah 83 (delapan puluh tiga) orang yang berasal dari unsur pejabat struktural Dinas Pendidikan kab/kota/provinsi beserta jajarannya, BAP-SM, BAPPEDA kab/kota/provinsi, BKD kab/kota/provinsi, Kanwil Kemenag D.I. Yogyakarta, DPRD kab/kota/provinsi, Dewan Pendidikan se-D.I. Yogyakarta, dan sekolah model.

Sosialisasi Program Penjaminan Mutu Pendidikan dirancang dalam bentuk rembug bersama seluruh stakeholders pendidikan di DIY, untuk memadukan konsep teoritis, pengalaman empiris, dan kebijakan untuk mensukseskan pelaksanakan penjaminan mutu pendidikan dan mensikapi isu-isu terbaru dan strategis dalam bidang pendidikan. Harapannya, akan tercapai  komitmen bersama seluruh stakeholders pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta untuk mendukung dan memfasilitasi implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah, akan mampu  meminimalisir tumpang tindih program dan sasaran program penjaminan dan peningkatan mutu untuk mewujudkan efektivitas dan efisiensi pelaksanan dan penggunaan anggaran pelaksanaan penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan di D. I. Yogyakarta tahun 2017, dan akan bisa menarik benang merah persamaan persepsi antar seluruh stakeholders pendidikan di daerah dalam rangka menyikapi isu-isu strategis bidang pendidikan.

Dengan semangat menyamakan irama dan langkah dalam upaya penjaminan mutu pendidikan, selain agenda utama mensosialisasikan tupoksi, hasil – hasil kegiatan tahun sebelumnya dan rencana program tahun ini, muatan materi yang menjadi fokus dalam kegiatan ini adalah pendidikan karakter tentang kemandirian dan daya juang yang disampaikan oleh narasumber dari AMIKOM serta pengembangan sekolah ramah anak yang disampaikan oleh Lembaga Ombudsman DIY.

Desain kegiatan dirancang seperti gambar berikut:

Kegiatan yang berlangsung lancar dan kondusif selama sehari ini menghasilkan beberapa kesepakatan dan gagasan tentang mutual cooperation dalam  implementasi sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mengatasi permasalahan pendidikan, penanganan isu-isu strategis terkait dengan implementasi pengembangan Pendidikan Karakter (PPK) dan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah, serta pengelolaan sekolah khususnya yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi SDM dan capaian mutu lulusan.

Dirjen Dikdasmen, Hamid Muhammad, M.Sc., Ph.D, membubuhkan tanda tangan dalam komitmen antar stakeholders dalam pelaksanaan penjaminan mutu pendididikan di DIY

Dirjen Dikdasmen, Kepala LPMP DIY dan Kepala Dinas Pendidikan Prov/Kab/kota berdiri di depan komitmen pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yang telah ditandatangani bersama.

Dirjen Dikdasmen berpose dengan kepala sekolah Model SPMI sasaran tahun 2016 setelah menerima sertifikat sebagai sekolah model.

Paparan materi pendidikan karakter dan sekolah ramah anak dari Lembaga Ombudsman Daerah, Sutrisnowati, SH, MH, M.Psi.

Paparan Peningkatan Mutu Pendidikan dalam bidang pengelolaan pembelajaran.

Peserta sosialisasi mengikuti diskusi kegiatan dengan dipandu pendamping dari LPMP DIY dalam suasana keakraban

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates