Info Penting
Home / Berita / Serba Serbi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2018

Serba Serbi Penyegaran Instruktur Kurikulum 2013 Tahun 2018

Mengawal sekolah dalam  mengimplementasikan kurikulum 2013 secara baik dan benar adalah salah satu bentuk kegiatan Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan yang merupakan salah satu tugas pokok dan fungsi LPMP.  Dalam hal ini, LPMP diwajibkan untuk mampu memastikan bahwa  pelaksanaan kurikulum 2013 di satuan  pendidikan sudah sesuai dengan petunjuk dan pedoman yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Grand Design implementasi Kurikulum 2013 dimulai dengan program penyegaran instruktur Kabupaten/Kota kemudian dilanjutkan dengan program pendampingan implementasi kurikulum 2013 dan diakhiri dengan program monitoring dan evaluasi implementasi Kurikulum 2013 ke sekolah sasaran.

Program penyegaran Instruktur Kabupaten (IK) bertujuan untuk memberikan penyegaran kepada semua instruktur tingkat Kabupaten/Kota dalam rangka mengembangkan wawasan, penguatan pemahaman dan updating informasi sesuai dengan dinamika dan perkembangan terkini.

Jumlah peserta yang diundang adalah  454 orang namun tidak seluruhnya hadir dikarenakan memasuki usia pensiun atau meninggal dunia. Pelaksanaan Bimtek dibuat bertahap berdasarkan jenjang pendidikan.

Untuk pelaksanaan Bimtek IK jenjang SD dan jenjang SMP dilaksanakan secara bersamaan selama 3 hari mulai dari tanggal 19 sd 21 Maret 2018 bertempat di LPMP. Kegiatan dibuka oleh Plt Kepala LPMP DIY Drs. Taufan Agus Hanafi, M.Pd serta dihadiri pejabat struktural LPMP DIY.  Sasaran kegiatan adalah  Instruktur Kabupaten (IK) jenjang SD dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo sejumlah 64 orang dan

Instruktur Kabupaten (IK) jenjang SMP dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo sejumlah 110 orang yang terdiri dari instruktur kabupaten mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, IPS, PJOK, PPKn, Agama, Matematika, Seni Budaya dan Prakarya.

Bimtek tim pengembang kurikulum jenjang SMA dilaksanakan di LPMP DIY dalam 2 angkatan dengan durasi masing-masing selama 3 hari dengan sasaran kegiatan adalah 170 IK (Instruktur Kegiatan) dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo serta LPMP.

Angkatan 1 dilaksanakan pada tanggal 2 s.d 4 April 2018 dengan jumlah peserta kegiatan 110 orang. Angkatan ll dilaksanakan pada tanggal 5 s.d 7 April 2018 dengan jumlah peserta sebanyak 60 orang.

Bimtek tim pengembang kurikulum jenjang SMK dilaksanakan pada tanggal 10 s.d 12 april 2018  di LPMP DIY. Sasaran kegiatan ini adalah instruktur kabupaten/kota dari Balai Pendidikan Menengah Kabupaten Sleman, Kabupaten Gunungkidul dan Kabupaten Kulon Progo dan LPMP  sejumlah 110 orang.

Dengan dilaksanakannya bimtek tim pengembang kurikulum jenjang SD, SMP, SMA dan SMK di DIY diharapkan seluruh instruktur Kabupaten/Kota dapat meningkatkan pemahaman terhadap dinamika perkembangan kurikulum 2013, penguatan pendidikan karakter dan penerapan literasi dalam pembelajaran, sehingga instruktur Kabupaten/Kota semakin meningkat kompetensinya dan siap bertugas melatih dan mendampingi sekolah dalam implementasi kurikulum 2013 di sekolah sasaran.

Artikel Lain

Kunjungan Kerja Spesifik Bidang Pendidikan Komisi X DPR RI ke LPMP D.I.Yogyakarta dalam Rangka Peluncuran Kurikulum Berbasis Budaya

Post Views: 416 Komisi X DPR RI yang diketuai oleh Dr. Ir.Djoko Ujianto, melakukan kunjungan …