Info Penting
Home / Seksi SI / Seminar Pendidikan “Ekspose Hasil Penelitian Pendidikan dan Tenaga Kependidikan”

Seminar Pendidikan “Ekspose Hasil Penelitian Pendidikan dan Tenaga Kependidikan”

Publikasi ilmiah hasil riset pendidik dan tenaga kependidikan diharapkan membentuk suatu budaya akademik yang dapat memberikan manfaat bagi perkembangan pendidikan. Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta secara rutin memfasilitasi para pendidik dan tenaga kependidikan melalui pengadaan seminar pendidikan. Seminar pendidikan Ekspose Hasil Penelitian Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan tema Peningkatan Kompetensi Pedagogik dan Profesional untuk PKG dan PKB telah diselenggarakan LPMP D.I. Yogyakarta pada hari Minggu, 7 Juli 2013 bertempat di Auditorium Ki Hajar Dewantara, LPMP D.I. Yogyakarta. Seminar ini menghadirkan 9 penyaji dan 1 pemateri dari Dinas Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta. Peserta seminar sangat antusias mengikuti kegiatan seminar pendidikan terbukti dengan banyaknya peserta yang mengikuti dari awal kegiatan sampai akhir yang diikuti oleh 140 peserta.

 

Kegiatan seminar dimulai pukul 08.30 WIB sesuai dengan agenda yang telah direncanakan panitia dengan susunan acara (1) pembukaan; (2) laporan penanggung jawab kegiatan; (3) sambutan Kepala LPMP D.I. Yogyakarta; (4) penutup. Acara diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan laporan penanggung jawab kegiatan yang disampaikan oleh Dr. Agus Wasisto Dwi Dosowarso, M.Pd. Beliau mengajak untuk membentuk budaya akademik dengan mewajibkan melakukan penelitian ilmiah yang dipublikasikan. Acara selanjutnya sambutan kepala LPMP D.I. Yogyakarta sekaligus membuka acara secara resmi yang diwakili oleh Bapak Kepala Subbag Umum LPMP D.I. Yogyakarta, Bapak Drs. Joko Saroso, M.Or. Kepala Subbag Umum LPMP D.I. Yogyakarta memberikan sedikit pesan kepada peserta seminar untuk terus mengembangkan kemampuan diri untuk tetap aktif melakukan penelitian ilmiah dan aktif mencari sasaran.

Seminar pendidikan dilanjutkan panel I Hasil Penelitian Guru tingkat TK, SD, SMP, SMA, dan SMK dengan 5 orang penyaji yaitu Drs. Sukijo, dari SMK N 2 Depok Sleman; Heru Wahyudi, M Eng, dari SMA Islam 3 Pakem Sleman; Drs. Suparjan, M.SI, dari SMP N 13 Yogyakarta; Dra. Sri Haryani, M.Pd., dari SD N Depok 1 Sleman; dan Syamsidah, S.Pd., dari TK Arum Puspita, Pandak Bantul, dengan moderator Wendhie Prayitno, MT. Pada Panel I, para penyaji memaparkan hasil penelitian berupa kreativitas penyaji terhadap pembelajaran di sekolah. Peserta seminar sangat tertarik dan antusias dengan hasil penelitian penyaji. Berbagai pertanyaan mewarnai kegiatan seminar pendidikan.

Acara dilanjutkan coffee break, dilanjutkan dengan materi seminar pendidikan yang disampaikan oleh Yun Arif Hidayat, SH dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemerintah Daerah D.I. Yogyakarta dengan judul Strategi Implementasi PKG dan PKB di Pemerintah Daerah DIY. Beliau menyampaikan materi tentang jenjang jabatan dan pangkat guru, serta proses penilaian dan pengembangan kinerja guru.

PANEL II tentang Hasil Penelitian Pengawas dan Widyaiswara dengan penyaji Ibu Dra. Sri Rahayu, M.Pd., pengawas Dinas Pendidikan Bantul; Drs. Agus Heri Budi Wiyono, pengawas Kulon Progo, Dra. Sarjilah, M.Pd.; dan Drs. Sumardi Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta. Tidak kalah menarik dengan hasil penelitian pendidik sebelumnya, pada panel II para peserta seminar antusias untuk bertanya kepada penyaji.

Pelaporan hasil seminar oleh Dr. Agus Wasisto Dwi Dowowarso, M.Pd. disampaikan pada akhir seminar, yang dilanjutkan dengan penutupan oleh Kepala Sub Bagian Umum LPMP D.I. Yogyakarta, dilanjutkan dengan pembagian sertifikat peserta. (PPL UNY 2013).

Artikel Lain

Pemantauan dan Evaluasi USBN Jenjang SMA/SMK D.I. Yogyakarta

Post Views: 721 Mulai tahun 2018 ini Pemerintah menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  jenjang …