Info Penting
Home / Widya Iswara / dr. Waryono / Pendidikan Kesehatan

Pendidikan Kesehatan

PENDIDIKAN KESEHATAN SEBAGAI UPAYA BERPERILAKU HIDUP SEHAT BAGI SISWA DI SEKOLAH
Oleh : Waryono

I. PENDAHULUAN

Undang-Undang tentang Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia telah menekankan bahwa pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) diarahkan pada pengembangan manusia Indonesia seutuhnya yaitu manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berbudi luhur, memiliki pengetahuan dan keterampilan, kesehatan jasmani dan rohani, kepribadian yang mantap dan mandiri serta rasa tanggung jawab kemasyarakatan dan kebangsaan. Salah satu kerangka dari pengembangan SDM, hal yang menyangkut kesehatan baik kesehatan jasmani, mental dan sosial sangat mempengaruhi terwujudnya manusia Indonesia yang sejahtera. Sumber daya manusia yang berkualitas, baik secara fisik, mental maupun sosial serta mempunyai produktivitas yang optimal adalah modal yang berharga bagi pembangunan nasional.

Peranan keberhasilan pembangunan kesehatan sangat menentukan tercapainya tujuan pembangunan nasional, selain itu sebagai persiapan rangka menghadapi makin ketatnya persaingan pada era globalisasi, pendidikan yang sehat akan menunjang keberhasilan program pendidikan dan juga akan mendorong peningkatan produktifitas dan pendapatan penduduk sehingga terbentuk suatu sumber daya manusia yang berkualitas.

Pembangunan di bidang kesehatan diharapkan dapat mempertinggi derajat kesehatan yang besar artinya bagi pembangunan dan pembinaan sumber daya manusia dan sebagai modal bagi pelaksanaan pembangunan nasional yang pada hakikatnya adalah pembangunan manusia Indonesia seutuhnya dan pembangunan seluruh masyarakat Indonesia.

Dua faktor penentu kualitas sumber daya manusia adalah pendidikan dan kesehatan, dimana eduanya saling berhubungan dan berkaitan. Kesehatan merupakan prasyarat utama agar upaya pendidikan berhasil, sebaliknya pendidikan yang diperoleh akan sangat mendukung tercapainya peningkatan status kesehatan seseorang. Oleh karena itu menjaga kesehatan dengan titik berat pada upaya promotif dan preventif didukung upaya kuratif dan rehabilitatif yang berkualitas, menjadi sangat penting dan strategis untuk mencapai derajat kesehatan yang optimum.

Untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas tersebut maka upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan perlu dilakukan sejak dini (sejak usia sekolah), khususnya guna menanamkan kebiasaan berperilaku hidup sehat pada anak. Oleh karena itu, peserta didik di sekolah perlu diberikan pengetahuan kesehatan yang cukup, melalui pendidikan kesehatan baik secara intra maupun ekstrakurikuler agar tingkat pengetahuan kesehatan peserta didik-peserta didik sekolah dapat bertambah.

 

Unduh File Lengkap….

 

Artikel Lain

Menyusun Portofolio Pengembangan Diri

Post Views: 1,115 MENYUSUN PORTOFOLIO PENGEMBANGAN DIRIOleh : Waryono – [email protected] PENDAHULUAN Guru sebagai tenaga …