INFO PENTING
Home / Widya Iswara / DR. Agus WDW / Peningkatan Profesionalisme Guru

Peningkatan Profesionalisme Guru

Oleh

Agus Wasisto Dwi Doso Warso

Widyaiswara LPMP DIY

[email protected]

Abstrak

Guru merupakan komponen  pendidikan  yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan, yang harus mendapat perhatian sentral, pertama dan utama.  Guru merupakan jabatan atau profesi yang membutuhkan keahlian khusus sebagai guru.  Sebagai jabatan  profesi  maka  perlu berbagai upaya untuk  meningkatkan profesionalitas guru  oleh berbagai pihak. Namun  demikian masih  banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru terkait dalam peningkatan kariernya sebagai guru yang professional.  Guru profesional  merupakan jabatan yang dituntut  persyaratan  kemampuan dan keahlian khusus dalam bidang keguruan sehingga  guru mampu melakukan tugas dan fungsinya sebagai guru secara maksimal.

Peningkatan kualitas guru tidak dapat dilakukan secara instan dan  coba-coba. Peningkatan kualitas harus berdasarkan data, tujuan, sasaran dan target yang jelas. Evaluasi ketercapainyapun harus dilakukan secara cermat, dikomunikasikan objektif, dan terbuka. Inilah bagian dari tantangan peningkatan kualitas guru di sekolah.

Kata kunci:  Profesionalitas, guru

Read More…

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates