INFO PENTING
Home / Widya Iswara / Suharji, M.Pd / Peningkatan Kualitas Pendidikan Matematika di Sekolah

Peningkatan Kualitas Pendidikan Matematika di Sekolah

Oleh:Suharji
Lembaga Penjaminanan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta
E-mail: [email protected]

Abstrak

Undang-undang No.32 Tahun 2004 Tentang Pemerintah Daerah ditetapkan antara lain sebagai respon atas tutuntutan reformasi dalam pemerintahan dan pendidikan. Pemerintah daerah diharapkan mampu mengatur dan mengurus sendiri urusan pemerintahan menurut azas otonomi dan tugas pembantuan diarahkan untuk mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan pelayanan pendidikan. Agar penyusunan makalah ini terarah maka ada beberapa pertanyaan yang perlu dijawab antara lain : 1). kendala  yang menghambat peningkatan kualitas pendidikan matematika di sekolah, 2). upaya  yang dapat meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah.

Matematika dapat diartikan pula suatu ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar. Pendidikan matematika berarti ilmu yang diperoleh dengan  bernalar  yang dipelajari di jenjang pendidikan dasar ( SD, SMP ) , menengah ( SMA , SMK ) , sering juga dikatakan bahwa matematika sekolah adalah unsur-unsur  atau bagian-bagian dari matematika yang dipilih berdasarkan  pada kepentingan kependidikan dan perkembangan  IPTEK. Dalam hal ini matematika yang dipilih adalah matematika yang dapat menata nalar, membentuk kepribadian, menanamkan nilai-nilai, memecahkan masalah, dan melakukan tugas tertentu. Matematika sekolah tidak sepenuhnya sama dengan matematika sebagai ilmu, karena memiliki perbedaan antara lain  dalam hal (1) penyajian, (2) pola pikir, (3) keterbatasan semesta, dan (4) tingkat keabstrakannya.

Fakta dilapangan menunjukkan bahwa sebagai seorang guru mempunyai tugas yang sangat kompleks karena semua yang terjadi pada siswa di sekolah seperti nilai rendah, malas belajar, enggan mengerjakan tugas, dan pelanggaran  lain  semuanya yang  disalahkan adalah guru termasuk guru matematika. Menyikapi hal tersebut  penulis meninjau bahwa kualitas pendidikan  matematika di sekolah belum memadai, hal ini dapat ditinjau dari beberapa kendala  antara lain dari: (1) Guru; (2) Metode / pendekaan; (3) Kepemimpinan Kepala Sekolah; (4) Kebijakan; (5) Sarana Prasarana; (6)  Dana ; (7) Siswa; (8) Orang tua / Komite Sekolah / Peran serta masyarakat.

Alternatif untuk meningkatkan kualitas pendidikan matematika di sekolah antara lain: pendidikan dan latihan yang sesuai dengan kompetensinya/diklat berjenjang terutama metode dan penggunaan media, meningkatkan kegiatan KKG, dan MGMP, peningkatan peran pengawas, pentingkatkan peran kepala sekolah agar lebih berkompeten, memberikan fasilitas pendidikan berupa block grand lebih ditingkatkan, serta peningkatan peran serta orang tuan/komite sekolah/masyarakat.

Kata kunci:kualitas pendidikan matematika

Baca Selengkapnya…..

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates