INFO PENTING
Home / Artikel / Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/ Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Masalah/
Problem Based Learning (PBL) pada Pendidikan dan Pelatihan

Oleh :
Legiman, M.Pd
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : [email protected]

DSC_9237-3

Abstrak

Pendidikan dan Pelatihan (diklat) merupakan kegiatan pembelajaran pada orang dewasa, yang terjadi interaksi antara peserta diklat dengan pendidik. Dalam pendidikan dan pelatihan (diklat) yang dimaksud peserta didik adalah peserta diklat dan pendidik yaitu widyaiswara. Agar materi diklat yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh peserta diklat, widyaiswara harus dapat memilih strategi, metode, dan model pembelajaran yang tepat. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam diklat yaitu model pembelajaran berbasis masalah atau Problem Based Learning (PBL). Pembelajaran berbasis masalah merupakan sebuah model pembelajaran yang menyajikan masalah kontekstual sehingga merangsang peserta diklat untuk belajar. Dalam kelas yang menerapkan pembelajaran berbasis masalah, peserta diklat bekerja dalam tim untuk memecahkan masalah dunia nyata.

Kata kunci: model pembelajaran, masalah, diklat.

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates