INFO PENTING
Home / Widya Iswara / Sarjilah, M.Pd / Pengembangan Indikator Instrumen Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA/SMK

Pengembangan Indikator Instrumen Evaluasi Layanan Konseling Individual di SMA/SMK

Sarjilah, M.Pd

Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

e-mail: [email protected]

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh indikator yang diperlukan untuk mengukur keberhasilan layanan konseling individu di SMA/SMK. Indikator ditujukan untuk mengevaluasi komponen proses konseling dan konseling individu hasil/output. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah Focus Group Discussion (FGD), yang melibatkan 15 pengurus MGP/MGBK SMA/SMK yang mewakili beberapa Kabupaten/Kota di D.I. Yogyakarta. Validasi konstruk yang digunakan adalah dalam bentuk Expert Judgement. Teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi, dengan model interaktif. Hasil menunjukkan bahwa indikator pada masing-masing komponen proses konseling meliputi 18 indikator yang dikembangkan dari 3 aspek dari proses konseling yakni konseling hubungan,  prosedur konseling, dan penggunaan teknik konseling. Sedangkan indikator yang diperoleh dari hasil konseling meliputi 4 indikator yang dikembangkan dari aspek perubahan perilaku klien.

Read More…

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates