INFO PENTING
Home / Artikel / Penerapan Blended Learning dalam Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

Penerapan Blended Learning dalam Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK)

PENERAPAN BLENDED LEARNING DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN (DIKLAT)
BAGI PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN (PTK)

Oleh
Wendhie Prayitno, S.Kom. M.T
Widyaiswara LPMP D.I.Yogyakarta
email : wendhies@yahoo.com

DSC_9377-2

Abstrak

Upaya peningkatan mutu pendidikan di Indonesia selalu menjadi isu penting dalam penyelenggaraan Sistem Pendidikan Nasional. Peningkatan kualitas pendidikan ini menjadi salah satu strategi pokok selain pemerataan kesempatan dan akses pendidikan serta peningkatan relevansi dan efisiensi. Salah satu cara meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia yaitu dengan meningkatkan kompetensi pendidik melalui pengembangan keprofesian berkelanjutan. Pengembangan diri merupakan salah satu bentuk pengembangan keprofesian pendidik yang memiliki beberapa bentuk kegiatan seperti pelatihan, workshop, bimbingan teknis, kegiatan kolektif guru dan sebagainya.

Dalam usahanya meningkatkan kompetensi pendidik melalui pelatihan-pelatihan, di Indonesia masih terganjal banyak masalah jika dilakukan secara konvensional. Hal ini disebabkan banyaknya jumlah tenaga pendidik yang perlu mengikuti pelatihan-pelatihan tidak sebanding dengan banyaknya lembaga-lembaga penyelenggara pelatihan dan jumlah narasumber yang terbatas. Disamping itu juga keterbatasan waktu yang dimiliki pendidik untuk mengikuti pelatihan, karena tidak mudah bagi pendidik untuk meninggalkan kegiatan belajar mengajar di sekolah.

Sistem Blended Learning merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan di atas. Dengan menerapkan sistem Blended Learning, pelatihan untuk pendidik dapat dilaksanakan secara tatap muka dan online. Dengan demikian, pendidikan tidak akan menghabiskan banyak waktu untuk meninggalkan sekolah untuk mengikuti pelatihan, sehingga proses kegiatan belajar mengajar tidak terganggu.

Kata Kunci : Peningkatan kompetensi pendidik, Blended Learning, Pembelajaran Online

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

skema 2015-05-15_125133

Bagan Pengembangan Pelaksanaan Diklat PTK dengan Blended Learning.

 

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates