Info Penting
Home / Widya Iswara / Suharji, M.Pd / Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika

Pembelajaran Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Matematika

Oleh: Drs.Suharji, M.Pd

email: [email protected]

Abstrak

Pembelajaran pendekatan pemecahan masalah membawa permasalahan sendiri di antara guru-guru, pemahaman tentang arti dan soal pemecahan masalah yang masih tergolong minim, menjadi kendala utama dalam  pembelajaran dan penilaian ketrampilan untuk mata pelajaran matematika. Dengan melihat permasalahan tersebut, maka tulisan ini bertujuan agar guru memiliki pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berkaitan dengan “pemecahan masalah”, cara mengidentifikasi informasi yang diberikan, dan apa yang ditanyakan soal, cara memilih dan menerapkan strtegi pemecahan masalah, prosedur penyelesaian dari model yang dipilih dan cara memeriksa kebenaran solusi soal

Ruseffendi dalam bukunya Dasar-Dasar Matematika Modern, menyarankan agar pembelajaran matematika banyak-banyak memasukkan tentang pemecahan masalah (problem solving) karena akan memicu berpikir kritis, analitis dan mengurangi soal-soal hafalan (1987:542). Ambil sebuah contoh problem yang memiliki beberapa kalimat yang kemungkinan menyesatkan atau memerlukan pemikiran lebih jauh, atau seperti halnya informasi yang tidak lengkap, bahkan mungkin tidak ada penyelesaian, perlu sesekali diberikan pada mereka. Dengan seringnya seseorang memecahkan masalah, maka dengan sendirinya akan terbentuk sikap yang pantang menyerah, ingin selalu berhasil, dan mencoba untuk selalu mendapatkan jalan keluar dari masalah-masalah yang dihadapi. Sikap ini akan terbawa terus sampai dewasa, sehingga terbentuklah sikap dewasa dan penuh perhitungan dalam setiap langkahnya.

Pemecahan masalah dalam matematika mungkin lebih dari sekedar cabang pembelajaran. Karena ia mengasah kemampuan berpikir kreatif dan analitis siswa. Pada saat yang sama, akan membantu siswa untuk meningkatkan rasa percaya diri yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar. Dengan problem solving pula, siswa yang pandai akan bisa bekerja sama dan membantu siswa yang kurang. Karena dalam diskusi yang terjadi, penjelasan maupun argumentasi akan membuka pikiran siswa yang lain. Kelas akan jadi lebih hidup, dan akan menjadi satu episode yang menyenangkan bagi seluruh kelas.

Karena pentingnya pemecahan masalah pada pembelajaran matematika, maka perlu adanya perhatian pada peningkatan kemampuan guru dalam mengembangkan problem solving dalam pembelajaran melalui suatu program diklat.

 

Kata kunci:Pemecahan Masalah Matematika

Artikel Lain

Peningkatan Kemampuan Guru Matematika

Post Views: 936 Peningkatan Kemampuan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Pendampingan Penjaminan …