Info Penting
Home / Widya Iswara / Suharji, M.Pd / Pembelajaran Matematika Efektif

Pembelajaran Matematika Efektif

Oleh: Drs.Suharji, M.Pd

Widyaiswara Lembaga Penjaminanan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta

E-mail: [email protected]

Abstrak

Pembelajaran adalah kegiatan yang dikelola agar dapat memberdayakan siswa untuk belajar, bagaimana siswa bereksplorasi, berelaborasi dan berkonfirmasi dengan aktifitas mengamati, bertanya, menalar, mencoba dan mengkomunikasikan/menyimpulkan. Dalam hal ini sangat diperlukan perhatian khusus, keuletan, ketegasan, ketekunan serta profesionalisme guru, oleh karena itu agar pembelajaran yang sedang berlangsung berhasil guna, berdaya guna serta efektif, maka proses tersebut benar-benar dilakukan dengan efektif. Proses pembelajaran yang efektif adalah proses pembelajaran yang memungkinkan para pembelajar (siswa) aktif melibatkan diri dalam keseluruhan proses baik secara mental maupun fisik. Berdasarkan kajian pustaka dan pengamatan di lapangan secara empirik, serta hasil diskusi pada saat pertemuan pelatihan dalam sosialisasi implementasi kurikulum 2013, permasalahan yang timbul berkenaan dengan pembelajaran yang efektif adalah bagaimana peran guru dalam mengelola pembelajaran yang efektif? dan bagaimana sistem evaluasi pembelajaran yang efektif.

Ketepatan penggunaan metode, pendekatan dan media pembelajaran, suasana dan partisipasi siswa dalam belajar serta penilaian, berdampak pada pembelajaran matematika efektif sehingga para siswa berpartisipasi aktif secara optimal dalam kegiatan belajarnya. Hal ini memungkinkan perubahan tingkah laku siswa secara optimal pula yaitu kemampuan yang dimiliki siswa setelah ia menerima pengalaman belajarnya yakni: (a) keterampilan dan kebiasaan, (b) pengetahuan dan pengertian, (c) sikap dan cita-cita. Tingginya hasil belajar yang dicapai siswa merupakan akibat dari proses pembelajaran yang dilakukannya. Pembelajaran yang efektif indikasinya adalah: (1) kejelasan organisasi bahan pembelajaran. (2) adanya suasana yang menggairahkan siswa, (3) kejelasan pembahasan bahan pembelajaran, (4) tumbuhnya minat dan motivasi belajar siswa, dan (5) pelaksanaan penilaian proses dan hasil belajar siswa.

Pembelajaran matematika yang efektif sangat diperlukan untuk mempertinggi hasil belajar siswa dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Kondisi pembelajaran yang efektif ditandai dengan optimalnya kegiatan belajar siswa, sehingga menyebabkan optimalnya hasil belajar yang dicapai. Untuk itu ada sejumlah kemampuan atau kompetensi yang dituntut dari guru yang harus tercermin dalam kepribadian yang religius dan tingkah lakunya pada proses pembelajaran di dalam kelas. Kemampuan dan keterampilan melaksanakan penilaian yaitu penilaian sikap, pengetahuan dan ketrampilan juga merupakan tuntutan bagi guru agar tidak salah dalam mengambil suatu keputusan.

Kata kunci : Pembelajaran efektif

Read More…

Artikel Lain

Peningkatan Kemampuan Guru Matematika

Post Views: 822 Peningkatan Kemampuan Guru Matematika Dalam Melaksanakan Penilaian Berbasis Kelas Melalui Pendampingan Penjaminan …