Info Penting
Home / Berita / Pemantauan dan Evaluasi USBN Jenjang SMA/SMK D.I. Yogyakarta

Pemantauan dan Evaluasi USBN Jenjang SMA/SMK D.I. Yogyakarta

Mulai tahun 2018 ini Pemerintah menyelenggarakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN)  jenjang SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA/SMK. Melalui USBN, diharapkan ada peningkatan kompetensi guru dalam melakukan penilaian pendidikan, sedangkan bagi siswa diharapkan dapat diukur capaian kompetensi mereka setelah menyelesaikan program pendidikan pada jenjang tertentu.

Adapun penggunaan istilah berstandar nasional karena soal disusun berdasarkan kisi-kisi yang berlaku secara nasional dan ada soal anchor sebanyak 20 sampai 25 persen yang disiapkan oleh Pusat. Dengan adanya standar ini, kita bisa mengukur sejauh mana pencapaian standar kompetensi lulusan pada masing-masing jenjang.

USBN jenjang SMA/MA/SMK dilaksanakan mulai tanggal 19 s.d. 29 Maret 2018. Untuk melihat keterlaksanaan USBN jenjang SMA/MA/SMK, LPMP D.I. Yogyakarta melaksanakan kegiatan Pemantauan dan Evaluasi USBN Jenjang SMA/SMK di D.I. Yogyakarta. Kegiatan pemantauan dilaksanakan pada tanggal 22 dan 23 Maret 2018. Sasaran pada pemantauan ini adalah 100 sekolah jenjang SMA/SMK di 5 kabupaten/kota yang ada di D.I. Yogyakarta.

Selain memantau pelaksanaan USBN, LPMP D.I. Yogyakarta juga akan membuat evaluasi selama pelaksanaan USBN berlangsung.

Artikel Lain

Bimtek Dapodikdasmen Tahap I Tahun 2018

Post Views: 907 Data adalah hal yang sangat penting karena data yang akurat merupakan dasar …