Info Penting
Home / Berita / Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

Pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) Tahun 2015

UKG
Gambar dari http://www.kampus-info.com

LPMP D.I Yogyakarta selaku unit pelaksana teknis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mempunyai peran yang sangat strategis dalam peningkatan mutu pendidik dan tenaga kependidikan. Berbagai upaya dilakukan oleh LPMP DIY untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. Salah satu kegiatan yang akan dilaksanakan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan adalah dengan melakukan Uji Kompetensi Guru (UKG). Uji Kompetensi Guru perlu dilakukan mengingat masyarakat dan peserta didik mempunyai hak untuk mendapatkan pendidikan yang berkualitas dan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas diperlukan guru yang berkualitas. Selain untuk membangun budaya mutu bagi guru, Uji Kompetensi guru sangat diperlukan untuk memastikan kelayakan guru dalam melaksanakan tugas sesuai standar yang telah ditetapkan.

Adapun tujuan dari Uji Kompetensi Guru adalah untuk pemetaan penguasaan kompetensi guru (pedagogik dan profesional), sebagai dasar pertimbangan pelaksanaan program pembinaan dan pengembangan profesi guru, sebagai entry point penilaian kinerja guru dan sebagai alat kontrol hasil pelaksanaan penilaian kinerja guru.

LPMP D.I. Yogyakarta akan melaksanakan UKG tahun 2015 dalam 2 (dua) tahapan kegiatan. UKG tahap 1 (PPGJ) akan dilaksanakan pada tanggal 17 dan 18 Maret 2015, bertempat di 4 (empat) tempat uji kompetensi (TUK) yang telah ditentukan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan LPMP. UKG tahap 1 diikuti oleh 297 peserta dari 5 Kabupaten/Kota. Peserta UKG tahap 1 adalah calon peserta PPGJ yang belum pernah mengikuti UKA dan peserta resertifikasi.

UKG tahap 2 ditujukan bagi kepala sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK serta pengawas sekolah bidang manajerial (UKKS dan UKPS). Adapun basis data yang digunakan sebagai acuan penetapan peserta adalah update data melalui aplikasi PADAMU per tanggal 4 Maret 2015. UKG tahap 2 (UKKS dan UKPS) akan dilaksanakan pada tanggal 23 sd 26 Maret 2015 bertempat di 14 TUK yang tersebar di Kabupaten/Kota. Uji kompetensi ini akan diikuti oleh 2714 peserta yang terdiri dari 2415 kepala sekolah jenjang SD, SMP, SMA dan SMK, serta 263 pengawas sekolah bidang manajerial.

Terkait pencetakan dan distribusi kartu peserta akan dilaksanakan oleh masing-masing Dinas Pendidikan.
Informasi lebih lanjut tentang kisi-kisi UKKS dan UKPS dapat mengunjungi
http://bpsdmpk.kemdikbud.go.id/index.php/front/news/30

Artikel Lain

Koordinasi Tim Penjaminan Mutu Pemerintah Daerah Provinsi D.I. Yogyakarta untuk Mempercepat Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan

Post Views: 584 LPMP sebagai unit Pelaksana Teknis (UPT) Kementerian Pendiikan dan Kebudayaan mempunyai tugas …