INFO PENTING
Home / Berita / Orasi Ilmiah Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

Orasi Ilmiah Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta

IMG_7396-2

Salah Satu kebijakan dalam rangka peningkatan kualitas widyaiswara adalah ditetapkannya orasi ilmiah sebagai salah satu prasyarat untuk menduduki jabatan widyaiswara ahli utama. Melalui orasi ilmiah, seorang widyaiswara harus mampu mempertanggungjawabkan profesinya kepada masyarakat melalui kaidah-kaidah akademis.

LPMP DIY telah merintis Kegiatan Orasi Ilmiah bagi Widyaiswara di lingkungan LPMP D.I. Yogyakarta mulai tahun 2015. Kegiataan serupa dilaksanakan untuk kedua kalinya pada hari Jum’at tanggal 29 Januari 2016 bertempat di Gedung Ki Mangun Sarkoro LPMP DIY. Orasi ilmiah menampilkan dua orang widyaiswara LPMP DIY selaku orator, yakni Dra. Singgih Tri Hastuti, M.Pd dengan materi orasi berjudul “Kompetensi Inti Guru IPA SMP Kabupaten Bantul Berdasarkan Fasilitasi Lesson Study” dan Drs. Yoko Rimy, M.Si dengan materi orasi berjudul “ Supervisi Klinis dalam Penjaminan Mutu Pembelajaran di SMA”. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat struktural dan staf di lingkungan LPMP D.I. Yogyakarta, Widyaiswara LPMP DIY, Widyaiswara P4TK Matematika, Widyaiswara P4TK Seni dan Budaya, Pengurus IWI Yogyakarta, Kepala Sekolah, Guru dan Pengawas di DIY.

Prosesi Orasi Ilmiah diawali dengan pembacaan riwayat hidup Orator oleh petugas, dilanjutkan dengan pembacaan sinopsis orasi ilmiah oleh Orator yakni Dra. Singgih Tri Hastuti, M.Pd dan Drs. Yoko Rimy, M.Si. Acara selanjutnya adalah penandatanganan BAP orasi ilmiah dan pengalungan medali oleh Kepala Pusat Pembinaan Widyaiswara dari Lembaga Administrasi Negara (LAN) Dra. Army Winarty, M.Si. Dalam sambutanya, Kepala Pusat Pembinaan Widyaiswara menyampaikan beberapa hal terkait peran dan tantangan widyaiswara dalam dunia pendidikan kedepan. Disamping itu, Kepala Pusat Pembinaan Widyaiswara juga mengingatkan para widyaiswara untuk selalu mengembangkan wawasan serta meningkatkan kapasitasnya seiring dengan perubahan zaman. Salah satu upaya pengembangan profesi widyaiswara adalah dengan penyusunan karya tulis ilmiah sesuai amanat Permenpan RB Nomor 22 tahun 2014 tentang jabatan fungsional widyaiswara dan angka kreditnya.

IMG_7418-2

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates