INFO PENTING
Home / Widya Iswara / Legiman, M.Pd / Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA

Metode Praktikum dalam Pembelajaran IPA

METODE PRAKTIKUM DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM

Oleh: Legiman
Widyaiswara Muda LPMP DIY
Email: [email protected]

I.    PENDAHULUAN.
Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) berkaitan dengan cara mencari tahu tentang alam secara sistematis, sehingga IPA bukan hanya penguasaan kumpulan pengetahuan saja tetapi juga merupakan proses penemuan. Pendidikan IPA diharapkan dapat menjadi wahana bagi siswa untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya didalam kehidupan sehari-hari. Mata pelajaran IPA di SD bertujuan agar peserta didik memiliki : (1) Keyakinan terhadap Tuhan Yang Maha Esa (2) Mengembangkan pemahaman tentang gejala alam, konsep dan prinsip IPA yang bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari (3) Meningkatkan kesadaran dalam memelihara, menjaga dan melestarikan lingkungan serta sumber daya alam (4) Meningkatkan pengetahuan konsep dan ketampilan IPA sebagai dasar untuk melanjutkan pendidikan kejenjang selanjutnya (KBK 2002 dalam Hernawan, dkk., 2008:8.28). IPA sangat penting untuk dipelajari siswa. Jika pemahaman siswa terhadap IPA kurang baik, maka akan berakibat siswa kurang berhasil dalam kehidupan kelak dan kurang memperoleh bekal untuk melanjutkan kejenjang yang lebih tinggi.
Untuk mencapai tujuan pembelajaran IPA tersebut, penggunaan Laboratorium dalam pembelajaran sangat diharapkan. Laboratorium mempunyai fungsi yang sangat banyak, baik di bidang penelitian umum, pendidikan,  dan lain-lain. Secara umum laboratorium berfungsi   sebagai tempat untuk menguatkan/memberi kepastian keterangan (informasi), menentukan hubungan sebab-akibat (causalitas), membuktikan benar tidaknya faktor-faktor atau fenomena-fenomena tertentu, membuat hukum atau dalil dari suatu fenomena apabila sudah dibuktikan kebenarannya, mempraktekkan sesuatu yang diketahui, mengembangkan keterampilan, memberikan latihan, menggunakan metode ilmiah dalam memecahkan problem dan untuk melaksanakan penelitian perorangan (individual research).

Baca selengkapnya..

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates