Info Penting
Home / Nomor 03/ Desember 2015 / MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBASIS PERMAINAN

MENINGKATKAN PERILAKU ASERTIF MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN BERBASIS PERMAINAN

Abstrak: Penelitian tindakan bimbingan dan konseling ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis permainan pada siswa kelas X IIS 3 SMA Negeri 1 Magelang. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas X IIS 3 sejumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dibantu oleh kolaborator guru sejawat, metode dokumentasi, dan metode wawancara. Analisis data penelitian menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi awal siswa
yang memiliki perilaku asertif hanya sebesar 15,9%, setelah dilakukan tindakan pada siklus I perilaku asertif siswa meningkat menjadi 24,1%, pada tindakan siklus II meningkat menjadi 47,5% dan pada siklus III mencapai 81,8%. Hasil penelitian tindakan bimbingan dan konseling menunjukkan bahwa terdapat peningkatan perilaku asertif siswa melalui layanan penguasaan konten berbasis permainan.

Untuk unduh Artikel lengkapnya klik di sini…….