INFO PENTING
Home / Nomor 03/ Desember 2015 / MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARI NUSANTARA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL

MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TARI NUSANTARA MELALUI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA MEMANFAATKAN MEDIA AUDIOVISUAL

Abstrak:

Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar tari nusantara menggunakan pembelajaran tutor sebaya memanfaatkan media audiovisual pada siswa kelas XI AP 1 SMK Negeri 1 Depok Semester 2 Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Depok. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi yang di laksanakan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI AP 1. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan menggunakan pembelajaran tutor sebaya memanfaatkan media audiovisual. Pengumpulan data penelitian dengan menggunakan observasi dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil belajar tari nusantara menunjukkan peningkatan, dibuktikan dengan pencapaian kriteria ketuntasan minimal pada siklus I sebesar 67 % siswa yang mencapai KKM, pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil ini menunjukkan bahwa pembelajaran tutor sebaya dengan memanfaatkan media audiovisual dapat meningkatkan hasil belajar Tari Nusantara siswa kelas XI AP1 SMKN 1 Depok Sleman tahun pelajaran 2014/2015.

Untuk unduh Artikel lengkapnya klik di sini…….

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates