INFO PENTING
Home / Widya Iswara / Legiman, M.Pd / Media Pembelajaran dan Manfaatnya

Media Pembelajaran dan Manfaatnya

MEDIA PEMBELAJARAN DAN MANFAATNYA
Oleh: Legiman
Widyaiswara Muda LPMP D.I. Yogyakarta
e-mail: [email protected]

Abstrak:
Media pembelajaran pada dasarnya merupakan proses komunikasi. Dalam proses pembelajaran, komunikasi akan terjadi antara guru dan siswa. Peran media dalam komunikasi pembelajaran di sekolah sangat penting karena dengan media pembelajaran siswa dapat dengan mudah menerima pesan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh guru. Dengan menggunakan media, siswa dapat  memungkinkan belajar secara konkret. Ada beberapa pendapat mengenai jenis media pembelajaran menurut para pakar. Zaman (2009) mengelompokkan media pembelajaran menjadi tiga jenis, yaitu media visual, media audio, dan media audiovisual. Keberadaan media pembelajaran berfungsi sebagai alat bantu dalam pembelajaran, dan dapat bermanfaat bagi siswa untuk memperoleh informasi dan memperjelas informasi.

Kata kunci: media, pembelajaran, manfaat.
PENDAHULUAN
Undang-undang Rupublik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 10 menegaskan bahwa guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan professional. Salah satu unsur pedagogik adalah guru mampu mengembangkan dan memanfaatkan media dan sumber belajar. 
Media pembelajaran pada dasarnya merupakan proses komunikasi. Dalam proses pembelajaran, komunikasi akan terjadi antara guru dan siswa. Guru bertindak sebagai komunikator yang bertugas menyampaikan pesan pembelajaran kepada siswa. Agar pesan-pesan yang disampaikan guru dapat diterima dengan baik oleh siswa maka proses komunikasi tersebut diperlukan wahana penyalur pesan yang disebut media pembelajaran.
Peran media dalam komunikasi pembelajaran di sekolah sangat penting karena dengan media pembelajaran siswa dapat dengan mudah menerima pesan sesuai dengan apa yang disampaikan oleh guru. Dengan menggunakan media, siswa dapat  memungkinkan belajar secara konkret. Prinsip kekonkretan tersebut mengisyaratkan perlunya digunakan media sebagai saluran penyampai pesan dari guru kepada siswa, agar pesan atau informasi tersebut dapat diterima dengan baik. Dengan demikian diharapkan terjadi perubahan-perubahan perilaku berupa kemampuan-kemampuan dalam hal pengetahuan, keterampilan, dan sikap.

 

Baca selengkapnya…

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates