INFO PENTING
Home / Artikel / Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah

Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Sumber Daya Manusia di Sekolah

KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH
DALAM MENINGKATKAN SUMBER DAYA MANUSIA DI SEKOLAH

oleh :
dr. Waryono, M.Or
Widyaiswara LPMP D.I. Yogyakarta
email : [email protected]

DSC_9232-3

ABSTRAK

Sebagai penyedia sumber daya, kepala sekolah memastikan bahwa guru memiliki bahan, fasilitas, dan anggaran yang diperlukan untuk melakukan tugas mereka secara memadai. Sebagai sumber daya pembelajaran kepala sekolah aktif mendukung kegiatan dan program pembelajaran sehari-hari dengan pemodelan perilaku yang diinginkan, berpartisipasi dalam penataran, dan konsisten memberikan prioritas kepada masalah pembelajaran.

Kepala sekolah harus mengelola baik sumber daya manusia dan sarana prasarana, disamping harus membangun iklim belajar yang positif dengan penerapan keterampilan kepemimpinan. Keterampilan kepemimpinan tersebut dapat berupa mempengaruhi, menggerakkan/mengarahkan, mengembangkan dan memberdayakan, yang dikenal keterampilan 4M. Kegiatan semacam ini harus dibudayakan kepala sekolah untuk membuat iklim belajar yang positif. Dalam iklim kerja yang positif tersebut diharapkan pencapaian prestasi kerja sumber daya manusia di sekolah dapat meningkat.

Kata kunci : Kepala Sekolah, SDM, Kepemimpinan

Klik tautan ini untuk mendownload artikel lengkapnya.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates