Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan

DIKLAT PENGUATAN CALON KEPALA SEKOLAH TAHUN 2014

Lahirnya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah memberikan acuan bagi sistem penyiapan calon kepala sekolah/madrasah, pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) kepala sekolah/madrasah, dan penilaian kinerja kepala sekolah/madrasah. Permendiknas ini tidak menghilangkan peran bupati/walikota dalam menentukan sumberdaya terbaik untuk menjadi kepala sekolah/madrasah. Guru yang akan diangkat menjadi kepala sekolah/madrasah tetap dipilih oleh bupati/walikota melalui program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 28 Tahun 2010 tentang Penugasan Guru sebagai Kepala Sekolah/Madrasah mulai diberlakukan di seluruh wilayah Indonesia pada tahun 2013. Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten/kota, atau penyelenggara sekolah/madrasah wajib melaksanakan program penyiapan calon kepala sekolah/madrasah. Penyiapan Calon Kepala Sekolah/Madrasah terdiri dari serangkaian kegiatan: sosialisasi program, seleksi administratif, seleksi akademik, penyusunan rencana pendidikan dan pelatihan (diklat) calon kepala sekolah/madrasah, diklat calon kepala sekolah/madrasah, dan evaluasi penyelenggaraan.

Read more...

DIKLAT CALON ASESSOR PKG DIKPORA KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kab. Gunung Kidul bekerjasama dengan LPMP D.I Yogyakarta mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan Penilaian Kinerja Guru (PKG) selama 3 (tiga) hari tiap Angkatan yang telah dimulai sejak tgl 29 Oktober 2014 hingga sekarang ini telah masuk pada Angkatan ke 4, bertempat di LPMP D.I Yogyakarta.

Peserta Diklat PKG ini diikuti oleh 614 peserta yang terdiri dari 450 Guru Senior dan Kepala Sekolah SD, 100 Guru Senior dan Kepala Sekolah SMP, di tambah dengan 64 orang Pengawas Sekolah.

 

Adapun tujuan dari diselenggarakannya Diklat PKG ini adalah untuk memperluas pemahaman semua pihak terkait dengan prinsip, proses dan prosedur Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah. Setelah menjalani diklat PKG ini diharapkan guru-guru senior tersebut dapat mengimbaskan apa yang telah diperoleh kepada teman-teman guru yang lainnya sehingga penghitungan angka kredit dalam rangka kenaikan pangkat akan mereka kuasai. Selain dari itu implementasi di lapangan terhadap PKG ini dapat dilaksanakan sebagaimana mestinya agar Materi yang diberikan pada peserta diklat tentang Penilaian Kinerja Guru bisa tercapai dalam rangka peningkatan profesionalitas guru untuk meningkatkan mutu pendidikan sesuai standar yang ditetapkan.

RAPAT KOORDINASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERSAMA WAMENDIKBUD RI

Pemerintah telah secara resmi menetapkan Kurikulum 2013 untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajaran di sekolah. Tahap selanjutnya setelah kurikulum ditetapkan adalah implementasi kurikulum pada proses pembelajaran di sekolah oleh guru yang telah dimulai pada bulan Juli 2013 yang lalu.

 

Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013 telah dilaksanakan secara bertahap, oleh sebab itu Seksi FPMP Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai leading sector pelaksanaan diklat implementasi Kurikulum 2013 melakukan rapat koordinasi terkait implementasi kurikulum 2013 bersama Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Prof. Musliar Kasim. Bertempat di gedung Ki Mangun Sarkoro LPMP DIY pada hari Jumat, 17 Oktober 2014 Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala LPMP DIY, Drs. Harmanto, M.Si, Kasubbag Umum LPMP DIY, Kepala Seksi FPMP LPMP DIY, Kepala Seksi PMS LPMP DIY, staff di lingkungan LPMP DIY serta 50 peserta undangan, yang terdiri dari pejabat struktural PPPPTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-Prov D.I Yogyakarta serta perwakilan Kepala Sekolah dari beberapa TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

 

Rapat dibuka oleh pembawa acara tepat pukul 14.30 yang dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DIY Drs. Kadarmanto Baskoro Aji, MM. Pada kesempatan ini Kepala Dinas melaporkan progress implementasi Kurikulum 2013 di D.I Yogyakarta umumnya berjalan dengan sangat baik. Sebagian besar guru telah mengikuti pelatihan terkait kurikulum 2013, tetapi kalaupun ada yang belum dikarenakan beberapa alasan, maka guru yang bersangkutan telah mendapatkan pelatihan melalui MGMP sekolah. Sementara proses pendampingan juga sudah berjalan dengan baik dan disambut antusias oleh guru, siswa bahkan orang tua murid, demikian laporan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I Yogyakarta.

 

Acara dilanjutkan dengan pengarahan singkat dari Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Prof. Musliar Kasim. Wamendikbud dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi semua stakeholder pendidikan terutama dalam implementasi kurikulum 2013, karena provinsi D.I Yogyakarta khususnya sangat mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Wamendikbud juga menyampaikan, tujuan dalam dunia pendidikan ini dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu untuk meningkatkan akses dan untuk perbaikan mutu. Meningkatkan akses dalam hal ini menyangkut ketersediaan sarana dan prasarana serta pemberian bantuan operasional kepada sekolah-sekolah yang memang membutuhkan. Sedangkan dalam hal untuk perbaikan mutu adalah tentang mindset dari pendidik. Disampaikan oleh Prof. Musliar Kasim, mindset para pendidik kita haruslah diubah, agar ketika sudah mendapat kesejahteraan bagaimana para pendidik tersebut harus dapat memberikan pendidikan yang terbaik juga kepada peserta didiknya. Diharapkan pendidik juga harus kreatif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan bagi anak didik.

 

Sebelum mengakhiri pengarahannya, wamendikbud menutup dengan suatu harapan yaitu semoga   pendidikan bagi anak bangsa kita dapat berkembang semakin baik lagi di masa yang akan datang, serta tetap menjalin silaturahmi dengan sebaik-baiknya.

BIMBINGAN TEKNIS OPERATOR DAN PANITIA TPK ANGKATAN II DAN III TAHUN 2014

 

Keberhasilan pelaksanaan diklat di TPK pada Guru Sasaran perlu didukung oleh sarana prasarana TPK yang memadai, termasuk di dalamnya sumber daya manusia sebagai tim panitia. Tim panitia TPK terdiri dari kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan diklat kurikulum. Mempertimbangkan hal tersebut, maka LPMP D.I Yogyakarta sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan bimbingan teknis kepada operator dan panitia pelatihan TPK, sehingga mempunyai wawasan dan pemahaman serta konsep mengenai tupoksi operator aplikasi dan kepanitiaan TPK di sekolah yang ditunjuk. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh calon operator dan panitia tiap TPK jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang ditunjuk dan akan ditugaskan di wilayah D.I Yogyakarta maupun di wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK angkatan 2 dan 3 dilaksanakan masing-masing angkatan selama dua hari, dimulai dari angkatan 2 pelaksanaan pada hari Kamis-Jumat tanggal 5-6 Juni 2014 dan angkatan 3 dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 9-10 Juni 2014 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I Yogyakarta.

Read more...

JADWAL PELAKSANAAN DIKLAT KURIKULUM 2013 Th. 2014 (BARU !!!)

Berdasarkan rapat koordinasi antara LPMP D.I. Yogyakarta dengan Kepala Dinas Kab/Kota se provinsi D.I. Yogyakarta dan Karesidenan Surakarta pada tanggal 28 Mei 2014, telah disepakati bahwa Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK akan dilaksanakan sebagai berikut:

Undangan pemanggilan pesertakami sampaiakan melalui dinas pendidikan Kab/Kota, namun demikian bapak/ibu peserta dapat mengunduh surat resmi beserta lampiran peserta Pelatihan Kurikulum 2013 pada tautan di bawah ini:
Daerah Istimewa Yogyakarta:
Untuk pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 29 Juni 2014 wilayah D.I.Yogyakarta maupun Karesidenan Surakarta, Peserta yg hadir "HARUS SESUAI DENGAN UNDANGAN/LAMPIRAN PESERTA"
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.
More Articles...