Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan

RAPAT KOORDINASI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 BERSAMA WAMENDIKBUD RI

Rakor dengan Bpaka Wamen kemdikbud

Pemerintah telah secara resmi mnenetapkan kurikulum 2013 untuk digunakan sebagai pedoman dalam pelaksanaan proses pembelajran disekolah. Tahap selanjutnya setelah kurikulum ditetapkan adalah implementasi kurikulum pada proses pembelajaran disekolah oleh guru yang telah dimulai pada bulan Juli 2013 yang lalu.

Seksi FPMP Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan ( LPMP ) Daerah Istimewa Yogyakarta selaku penanggung jawab kegiatan kurikulum 2013 melakukan rapat koordinasi terkait implementasi kurikulum 2013 bersama Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) bidang Pendidikan, Prof. Musliar Kasim. Bertempat di gedung Ki Mangun Sarkoro LPMP DIY pada hari Jumat, 17 Oktober 2014 Rapat Koordinasi ini dihadiri oleh Kepala LPMP DIY, Drs. Harmanto, M.Si, Kasubbag Umum LPMP DIY, Kepala Seksi FPMP LPMP DIY, Kepala Seksi PMS LPMP DIY, staff di lingkungan LPMP DIY serta 50 peserta undangan, yang terdiri dari pejabat struktural PPPPTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya dan Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten se-Prov D.I Yogyakarta serta perwakilan Kepala Sekolah dari beberapa TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

Rapat dibuka oleh pembawa acara tepat pukul 14.30 yang dilanjutkan oleh sambutan dari Kepala Dinas Pendidikan Provinsi DIY Drs. Kadarmanto Baskoro Aji, MM. Pada kesempatan ini Kepala Dinas melaporkan progress implementasi Kurikulum 2013 di D.I Yogyakarta umumnya berjalan dengan sangat baik. Sebagian besar guru telah mengikuti pelatihan terkait kurikulum 2013, tetapi kalaupun ada yang belum dikarenakan beberapa alasan, maka guru yang bersangkutan telah mendapatkan pelatihan melalui MGMP sekolah. Sementara proses pendampingan juga sudah berjalan dengan baik dan disambut antusias oleh guru, siswa bahkan orang tua murid, demikian laporan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi D.I Yogyakarta.

Acara dilanjutkan dengan pengarahan singkat dari Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Wamendikbud) Prof. Musliar Kasim. Wamendikbud dalam kesempatan ini sangat mengapresiasi semua stakeholder pendidikan terutama dalam implementasi kurikulum 2013, karena provinsi D.I Yogyakarta khususnya sangat mendukung pelaksanaan kurikulum 2013 ini. Wamendikbud juga menyampaikan, tujuan dalam dunia pendidikan ini dapat dibagi menjadi 2 (dua) yaitu untuk meningkatkan akses dan untuk perbaikan mutu. Meningkatkan akses dalam hal ini menyangkut ketersediaan sarana dan prasarana serta pemberian bantuan operasional kepada sekolah-sekolah yang memang membutuhkan. Sedangkan dalam hal untuk perbaikan mutu adalah tentang mindset dari pendidik. Disampaikan oleh Prof. Musliar Kasim, mindset para pendidik kita haruslah diubah, agar ketika sudah mendapat kesejahteraan bagaimana para pendidik tersebut harus dapat memberikan pendidikan yang terbaik juga kepada peserta didiknya. Diharapkan pendidik juga harus kreatif agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik dan menyenangkan bagi anak didik.

Dalam pengarahannya wamendikbud menutup dengan suatu harapan yaitu semoga   pendidikan bagi anak bangsa kita dapat berkembang semakin baik lagi di masa yang akan datang, serta tetap menjalin silaturahmi dengan sebaik-baiknya.

BIMBINGAN TEKNIS OPERATOR DAN PANITIA TPK ANGKATAN II DAN III TAHUN 2014

 

Keberhasilan pelaksanaan diklat di TPK pada Guru Sasaran perlu didukung oleh sarana prasarana TPK yang memadai, termasuk di dalamnya sumber daya manusia sebagai tim panitia. Tim panitia TPK terdiri dari kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan diklat kurikulum. Mempertimbangkan hal tersebut, maka LPMP D.I Yogyakarta sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan bimbingan teknis kepada operator dan panitia pelatihan TPK, sehingga mempunyai wawasan dan pemahaman serta konsep mengenai tupoksi operator aplikasi dan kepanitiaan TPK di sekolah yang ditunjuk. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh calon operator dan panitia tiap TPK jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang ditunjuk dan akan ditugaskan di wilayah D.I Yogyakarta maupun di wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK angkatan 2 dan 3 dilaksanakan masing-masing angkatan selama dua hari, dimulai dari angkatan 2 pelaksanaan pada hari Kamis-Jumat tanggal 5-6 Juni 2014 dan angkatan 3 dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 9-10 Juni 2014 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I Yogyakarta.

Read more...

JADWAL PELAKSANAAN DIKLAT KURIKULUM 2013 Th. 2014 (BARU !!!)

Berdasarkan rapat koordinasi antara LPMP D.I. Yogyakarta dengan Kepala Dinas Kab/Kota se provinsi D.I. Yogyakarta dan Karesidenan Surakarta pada tanggal 28 Mei 2014, telah disepakati bahwa Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK akan dilaksanakan sebagai berikut:

Undangan pemanggilan pesertakami sampaiakan melalui dinas pendidikan Kab/Kota, namun demikian bapak/ibu peserta dapat mengunduh surat resmi beserta lampiran peserta Pelatihan Kurikulum 2013 pada tautan di bawah ini:
Daerah Istimewa Yogyakarta:
Untuk pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 29 Juni 2014 wilayah D.I.Yogyakarta maupun Karesidenan Surakarta, Peserta yg hadir "HARUS SESUAI DENGAN UNDANGAN/LAMPIRAN PESERTA"
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

DIKLAT INSTRUKTUR NASIONAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SMP TAHUN 2014 ANGKATAN 1

Setelah pelaksanaan Diklat IN jenjang SD pada tanggal 1 s.d 7 April 2014 yang lalu, sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013 maka LPMP DIY selaku lembaga penjaminan mutu pendidikan mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum 2013 jenjang SMP pada kelas VII dan VIII. Diklat dilaksanakan mulai hari Minggu tanggal 27 April s.d Sabtu tanggal 3 Mei 2014 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta, Jl. Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan PSDMPK dan PMP, DR. Abi Sujak, M.Sc pada hari Minggu tanggal 27 April 2014 pukul 08.15.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan Instruktur Nasional (IN) agar mempunyai wawasan dan pemahaman serta konsep mengenai kurikulum 2013 sehingga mampu mengimbaskan ke guru sasaran. Peserta sasaran kegiatan ini adalah guru sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII dan kelas VIII sejumlah 138 orang guru yang nantinya dibagi menjadi 5 kelas. Lima kelas tersebut terdiri dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Prakarya dan Bimbingan Konseling dari sekolah di wilayah kabupaten/kota D.I. Yogyakarta. Pemateri dalam kegiatan diklat IN ini adalah Tim penatar dari berbagai unsur, yaitu Pejabat Struktural LPMP DIY dan Narasumber Nasional Kurikulum 2013.

Pada kesempatan ini juga Bapak DR. Abi Sujak, M.Sc memberikan materi yang berkaitan dengan penjelasan Mendikbud mengenai Kurikulum 2013 kepada Nara Sumber. Selanjutnya materi dapat diunduh disini

PEMASTIAN KESIAPAN TPK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI EKS-KARESIDENAN SURAKARTA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberlakukan kurikulum baru, yang selanjutnya disebut Kurikulum 2013, mulai tahun pelajaran 2013/2014. Salah satu alasan penting adanya kebijakan perubahan kurikulum adalah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan nasional melalui peningkatan mutu lulusan dalam menyongsong tantangan abad ke-21. Untuk meningkatkan mutu lulusan tersebut adalah dengan membekali peserta didik untuk berfikir kreatif, kritis dan berkarakter kuat, serta dapat memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi dalam pengembangan dirinya.

Read more...

More Articles...