Banner

Fasilitasi Peningkatan Mutu Pendidikan

BIMBINGAN TEKNIS OPERATOR DAN PANITIA TPK ANGKATAN II DAN III TAHUN 2014

 

Keberhasilan pelaksanaan diklat di TPK pada Guru Sasaran perlu didukung oleh sarana prasarana TPK yang memadai, termasuk di dalamnya sumber daya manusia sebagai tim panitia. Tim panitia TPK terdiri dari kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan diklat kurikulum. Mempertimbangkan hal tersebut, maka LPMP D.I Yogyakarta sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Pelaksanaan Bimbingan Teknis ini bertujuan untuk mempersiapkan dan memberikan bimbingan teknis kepada operator dan panitia pelatihan TPK, sehingga mempunyai wawasan dan pemahaman serta konsep mengenai tupoksi operator aplikasi dan kepanitiaan TPK di sekolah yang ditunjuk. Sasaran kegiatan ini adalah seluruh calon operator dan panitia tiap TPK jenjang SD, SMP, SMA dan SMK yang ditunjuk dan akan ditugaskan di wilayah D.I Yogyakarta maupun di wilayah Eks Karesidenan Surakarta. Kegiatan Bimbingan Teknis Operator dan Panitia TPK angkatan 2 dan 3 dilaksanakan masing-masing angkatan selama dua hari, dimulai dari angkatan 2 pelaksanaan pada hari Kamis-Jumat tanggal 5-6 Juni 2014 dan angkatan 3 dilaksanakan pada hari Senin-Selasa tanggal 9-10 Juni 2014 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I Yogyakarta.

Read more...

JADWAL PELAKSANAAN DIKLAT KURIKULUM 2013 Th. 2014 (BARU !!!)

Berdasarkan rapat koordinasi antara LPMP D.I. Yogyakarta dengan Kepala Dinas Kab/Kota se provinsi D.I. Yogyakarta dan Karesidenan Surakarta pada tanggal 28 Mei 2014, telah disepakati bahwa Pelatihan Kurikulum 2013 bagi Guru Sasaran jenjang SD, SMP, SMA, dan SMK akan dilaksanakan sebagai berikut:

Undangan pemanggilan pesertakami sampaiakan melalui dinas pendidikan Kab/Kota, namun demikian bapak/ibu peserta dapat mengunduh surat resmi beserta lampiran peserta Pelatihan Kurikulum 2013 pada tautan di bawah ini:

Daerah Istimewa Yogyakarta:
Untuk pelaksanaan pelatihan kurikulum 2013 yang akan dilaksanakan pada tanggal 15 s.d 29 Juni 2014 wilayah D.I.Yogyakarta maupun Karesidenan Surakarta, Peserta yg hadir "HARUS SESUAI DENGAN UNDANGAN/LAMPIRAN PESERTA"
Atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.

DIKLAT INSTRUKTUR NASIONAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 JENJANG SMP TAHUN 2014 ANGKATAN 1

Setelah pelaksanaan Diklat IN jenjang SD pada tanggal 1 s.d 7 April 2014 yang lalu, sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013 maka LPMP DIY selaku lembaga penjaminan mutu pendidikan mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Instruktur Nasional Implementasi Kurikulum 2013 jenjang SMP pada kelas VII dan VIII. Diklat dilaksanakan mulai hari Minggu tanggal 27 April s.d Sabtu tanggal 3 Mei 2014 bertempat di Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan D.I. Yogyakarta, Jl. Tirtomartani, Kalasan, Sleman. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Sekretaris Badan PSDMPK dan PMP, DR. Abi Sujak, M.Sc pada hari Minggu tanggal 27 April 2014 pukul 08.15.

Pelatihan ini bertujuan untuk mempersiapkan Instruktur Nasional (IN) agar mempunyai wawasan dan pemahaman serta konsep mengenai kurikulum 2013 sehingga mampu mengimbaskan ke guru sasaran. Peserta sasaran kegiatan ini adalah guru sekolah jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII dan kelas VIII sejumlah 138 orang guru yang nantinya dibagi menjadi 5 kelas. Lima kelas tersebut terdiri dari Mata Pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Prakarya dan Bimbingan Konseling dari sekolah di wilayah kabupaten/kota D.I. Yogyakarta. Pemateri dalam kegiatan diklat IN ini adalah Tim penatar dari berbagai unsur, yaitu Pejabat Struktural LPMP DIY dan Narasumber Nasional Kurikulum 2013.

Pada kesempatan ini juga Bapak DR. Abi Sujak, M.Sc memberikan materi yang berkaitan dengan penjelasan Mendikbud mengenai Kurikulum 2013 kepada Nara Sumber. Selanjutnya materi dapat diunduh disini

PEMASTIAN KESIAPAN TPK IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DI EKS-KARESIDENAN SURAKARTA

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) akan memberlakukan kurikulum baru, yang selanjutnya disebut Kurikulum 2013, mulai tahun pelajaran 2013/2014. Salah satu alasan penting adanya kebijakan perubahan kurikulum adalah dalam rangka peningkatan mutu pendidikan nasional melalui peningkatan mutu lulusan dalam menyongsong tantangan abad ke-21. Untuk meningkatkan mutu lulusan tersebut adalah dengan membekali peserta didik untuk berfikir kreatif, kritis dan berkarakter kuat, serta dapat memanfaatkan kemajuan informasi dan teknologi dalam pengembangan dirinya.

Read more...

DIKLAT INSTRUKTUR NASIONAL IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 TAHUN 2014

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 butir 19, menjelaskan kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 dengan demikian menuntut profesionalisme guru untuk terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman, ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat, termasuk di dalamnya pelaksanaan atau implementasi kurikulum 2013.

Read more...

More Articles...