Sistem Informasi

Seminar dan ONIP 2014

Kami informasikan bahwa Pusat Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PPPPTK) Matematika akan mengadakan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) II tahun 2014 dan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika tahun 2014.

Kegiatan ini diadakan dalam rangka mendorong dan memfasilitasi peningkatan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan Matematika, dan ditujukan bagi widyaiswara, pengawas sekolah, kepala sekolah, guru, serta pemerhati pelajaran Matematika.

Bagi yang ingin berpartisipasi sebagai peserta dalam kegiatan  ini, informasi selengkapnya dapat diakses melalui http://sendimat.p4tkmatematika.org/ dan http://onip.p4tkmatematika.org/.

Demikian informasi terkait pelaksanaan Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SeNdiMat) II tahun 2014 dan Olimpiade Nasional Inovasi Pembelajaran (ONIP) Matematika tahun 2014, atas kerjasama dan dukungannya kami ucapkan terima kasih.

TRAINING ONLINE SIMULASI DIGITAL

 

 

Dunia digital online saat ini tidak bisa dipungkiri telah menjadi bagian penting dalam dunia pendidikan, hal ini juga yang mendorong Kementrian Pendidikan untuk melakukan pelatihan guru dalam mengelola teknologi informasi dan komunikasi untuk peningkatan kemampuan guru Indonesia melalui program pelatihan guru secara online. Maka dari itu LPMP D.I Yogyakarta pada tanggal 6-8 Mei 2014 mengadakan acara Training Online Simulasi Digital yang ditujukan untuk Guru-guru SMK yang ada di Yogyakarta.

Acara yang diadakan di Ruang Rapat 1 LPMP Jogja ini digelar oleh SEAMOLEC yang merupakan sebuah institusi yang bernaung dibawah Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) atau Organisasi Menteri-Menteri Pendidikan se Asia Tenggara yang bertanggung jawab untuk mengembangkan Pendidikan Terbuka dan Pendidikan Jarak Jauh di Asia Tenggara. SEAMOLEC berpusat di Indonesia dan bekerjsama dengan Departemen Pendidikan Nasional, khususnya institusi yang menyelenggarakan PJJ maupun institusi pendukung program.

Acara training ini diikuti oleh beberapa guru SMK yang ada di Yogyakarta antara lain Guru dari SMKN 1 Bantul, SMKN 5 Yogyakarta, SMKN 2 Depok, dan SMKN 1 Kalasan. Dan yang menjadi Trainer adalah Bapak Haifani Azmi Rahman. Training guru online ini dilaksanakan dengan memanfaatkan Jejaring di Indonesia seperti Jardiknas, UKG, Schoolnet, ICT Center, LPMP, P4TK, LP2KS, PLIK, serta jejaring lainnya.

Training Online Simulasi Digital ini juga sudah diselenggarakan di LPMP seluruh Indonesia yang nantinya setelah mengadakan training ini diharapkan guru-guru dapat membangun modeling sebuah Sistem Pelatihan Guru Jarak Jauh (PGJJ) di lingkungan Badan SDM yang dapat menjangkau semua guru di seluruh pelosok tanah air.

 

 

 

Info Sergur 2014

Tahap pelaksanaan UKG tahun 2014 telah selesai, selanjutnya terkait kegiatan sertifikasi 2014 adalah Penetapan calon peserta sertifikasi.

Peserta sertifikasi adalah calon peserta dengan status verifikasi yang sebelumnya sudah diverifikasi dan memenuhi persyaratan sesuai buku satu penetapan peserta sertifikasi 2014 dan bagi pengawas adalah pengawas yang diangkat sebelum 1 Januari 2009.

Calon peserta yang tidak dimasukan kedalam kategori sebagai peserta sertifikasi adalah jika salah satu kriteria berikut dipenuhi:

Read more...

Awas Modus Baru Penipuan

Sehubungan dengan adanya informasi yang berkembang di kalangan guru di Provinsi DIY terkait pelaksanaan UKG maupun sertifikasi guru tahun 2014 dan kejadian yang mengatas namakan LPMP D.I.Yogyakarta, serta untuk meminimalkan kerugian yang dapat ditimbulkan, bersama ini kami sampaikan beberapa informasi sebagai berikut :

1. Proses sertifikasi guru tahun 2014 baru akan dimulai setelah pelaksanaan Uji Kompetensi Guru (UKG) yang telah dilaksanakan pada tanggal 4 s.d 7 Maret 2014

2. BPSDMPKPMP dan LPMP D.I. Yogyakarta tidak pernah menghubungi guru calon peserta UKG dan sertifikasi guru 2014 secara personal baik melalui surat maupun telpon untuk menyiapkan berkas sertifikasi

3. Apabila ada oknum yang mengatasnamakan BPSDMPK dan PMP maupun LPMP D.I. Yogyakarta serta meminta mentrasfer sejumlah uang untuk memperlancar pemberkasan, kami menghimbau agar Bapak/Ibu guru waspada dan segera melakukan klarifikasi kepada LPMP DIY maupun Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota. Selama proses sertifikasi guru, pada tahap sebelum maupun sesudahnya, tidak dipungut biaya apapun

4. Seluruh informasi terkait pelaksanaan sertifikasi guru 2014 bisa diperoleh di Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota atau langsung menghubungi LPMP DIY dengan alamat Jl. Tirtomartani Kalasan Sleman Yogyakarta telp. 0274. 496921 atau melalui alamat website http://www.lpmpjogja.org/ dan http://sergur.kemdiknas.go.id/

Uji Kompetensi Guru 2014

Guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Guru harus memiliki kualifikasi akademik minimum sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV), menguasai kompetensi (pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian), memiliki sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.

Guru mempunyai kedudukan sebagai tenaga profesional. Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen mendefinisikan bahwa profesional adalah pekerjaan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang dan menjadi sumber penghasilan kehidupan yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu serta memerlukan pendidikan profesi.Sebagai tenaga profesional, guru dituntut untuk selalu mengembangkan diri sejalan dengan kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni.

Kondisi dan situasi yang ada menjadi sebab masing-masing guru memiliki perbedaan dalam penguasaan kompetensi yang disyaratkan. Untuk mengetahui kondisi penguasaan kompetensi seorang guru harus dilakukan pemetaan kompetensi guru melalui uji kompetensi guru. Uji kompetensi guru (UKG) dimaksudkan untuk mengetahui peta penguasaan guru pada kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Peta penguasaan kompetensi guru tersebut akan digunakan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian program pembinaan dan pengembangan profesi guru. Hasil UKG difokuskan untuk identifikasi kelemahan guru dalam penguasaan kompetensi pedagogik dan profesional.

Uji kompentensi Guru (UKG) 2014 diikuti oleh guru yang belum pernah mengikuti uji kompetensi tahun sebelumnya dan untuk guru yang sudah pernah mengikuti UKG tahun 2013 dengan perubahan mapel dikarenakan peraturan bersama. UKG online tahun 2014 untuk wilayah Derah Istimewa Yogyakarta (DIY) dilaksanakan oleh LPMP D.I. Yogyakarta bekerjasama dengan dinas pendidikan kab/kota pada tanggal 4 s.d 7 maret 2014 di 11 TUKG (Tempat Uji Kompetensi Guru) yang tersebar di kab/kota dan diikuti oleh guru berjumlah 1.370 orang. TUKG tersebut adalah SMAN 1 JETIS, SMKN 1 BANTUL, SMAN 1 GODEAN, SMKN 1 DEPOK, SMAN 1 GODEAN, SMKN 1 DEPOK, SMAN 1 WONOSARI, SMKN 1 WONOSARI, SMK YAPPI WONOSARI, SMK MUH. 1 PLAYEN, SMAN 1 WONOSARI, SMPN 1 WATES, SMK MA'ARIF 1 WATES, dan SMAN 3 YOGYAKARTA

 

Informasi lengkap terkait UKG dan sertifikasi guru dapat dilihat pada laman http://sergur.kemdiknas.go.id

sumber gambar: www.antaranews.com

 

More Articles...