Pendekatan dan Model Pembelajaran Kimia

PENDEKATAN DAN MODEL PEMBELAJARAN KIMIA
Oleh: Legiman
Widyaiswara Muda LPMP D.I. Yogyakarta
e-mail: This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it


Abstrak:
Guru mempunyai peranan yang penting dalam proses pembelajaran dan pembentukan sumber daya manusia yang berkualitas. Banyak guru kimia yang menguasai materi kimia secara ekspert (ahli di bidangnya), namun masih banyak yang belum bisa bagaimana menyampaikan (mengajarkan) materi tersebut kepada siswa secara efektif dan efesien, akibatnya pembelajaran kurang bermakna bagi siswa. Agar pembelajaran yang dilakukan dapat bermakna dan dapat dengan mudah diterima siswa, maka diperlukan model, metode dan pendekatan yang tepat dan sesuai dengan karakteristik materi yang diajarkan.

Kata Kunci: pembelajaran, pendekatan, model.
PENDAHULUAN
Pembelajaran merupakan jantung dari proses pendidikan dalam suatu institusi pendidikan. Menurut Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 tahun 2003, disebutkan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik (siswa) dengan pendidik (guru)  dan sumber belajar dengan lingkungannya.   Berhasil dan tidaknya pembelajaran tergantung pada guru dan siswa sebagai actor dalam pembelajran. Guru adalah salah satu komponen dalam pembelajaran yang berperan dalam usaha pembentukan sumber daya manusia yang potensial dan bermutu.
Ilmu kimia merupakan salah satu pelajaran  sulit bagi kebanyakan siswa. Kesulitan mempelajari ilmu kimia ini terkait dengan ciri-ciri ilmu kimia itu sendiri, antara lain: (1) Sebagian besar ilmu kimia bersifat abstrak, (2) Ilmu kimia merupakan penyederhanaan dari yang sebenarnya, (3) Sifat ilmu kimia berurutan dan berkembang dengan cepat, (4) Ilmu kimia tidak hanya sekedar memecahkan soal, (5) Bahan/materi yang dipelajari dalam ilmu kimia sangat banyak.

Baca selengkapnya...