Banner

Pemetaan Mutu dan Supervisi

Pengawasan Ujian Nasional SMP/MTs/SMPLB

Ujian Nasional (UN) merupakan salah satu instrumen untuk memetakan mutu pendidikan di Indonesia sehingga harus dilaksanakan secara objektif, berkeadilan, dan akuntabel. Untuk meningkatkan objektivitas ujian nasional sesuai dengan Permendikbud Nomor 97 Tahun 2013 tentang kriteria kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan dan penyenggaraan Ujian Sekolah/Madrasah/Pendidikan Kesetaraan dan Ujian Nasional, serta POS UN SMP/MTs/SMPLB/SMA/SMK/MAK Tahun 2013/2014, BSNP menugaskan perguruan tinggi dan Lembaga penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk melakukan pengawasan pelaksanaan Ujian Nasional. Tugas utama pengawasan UN adalah membantu BSNP agar pelaksanaan UN, sesuai dengan ketentuan dalam POS.

Adapun tujuan dari pengawasan UN yaitu:

  • Mendukung terselenggaranya UN SMP, MTs, SMPLB, dan Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha yang tertib, aman, dan lancar.
  • Mewujudkan terselenggaranya UN SMP, MTs, SMPLB, dan Pendidikan Kesetaraan Program Paket B/Wustha secara jujur, objektif, dan akuntabel.

Read more...

CAPACITY BUILDING PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BAGI PENGAWAS

CAPACITY BUILDING PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN BAGI PENGAWAS
DI LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA 2013

 

Penjaminan mutu pendidikan merupakan kegiatan sistemik dan terpadu oleh satuan atau program pendidikan, pemerintah daerah dan masyarakat untuk meningkatkan mutu pendidikan dalam rangka menaikkan tingkat kecerdasan kehidupan bangsa melalui pendidikan. Salah satu jenis kegiatan penjaminan mutu, sebagaimana dinyatakan dalam Permendiknas No.63 tahun 2009 tentang SPMP pasal 20, adalah evaluasi dan pemetaan mutu, yang sejak tahun 2010 telah mulai dilaksanakan oleh pemerintah dalam bentuk pemetaan mutu berbasis Evaluasi Diri Sekolah (EDS). Pada tahun 2013, pemetaan mutu berbasis EDS diintegrasikan dengan proses pemutakhiran NUPTK, sebagai wujud optimalisasi pemanfaatan TIK bagi peningkatan mutu pendidikan.Capacity building bertujuan memberikan bekal kepada para calon pendamping satuan pendidikan (pengawas sekolah dan jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota) untuk melaksanakan tugas pendampingan di satuan pendidikan dengan baik. Capacity Building Peningkatan Mutu Pendidikan bagi Pengawas dilaksanakan 3 Angkatan dan masing-masing angkatan dilaksanakan selama 2 (dua) hari pada tanggal 15 s.d. 20 Juli 2013 bertempat di LPMP D.I. Yogyakarta dan sebagai nara sumber pusat adalah Sekretaris Badan PSDMPK  dan PMP Kemendikbud.

Read more...

Rencana Pelaksanaan Pemetaan Mutu Tahun 2013

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, memuat aturan tentang kewajiban setiap Satuan Pendidikan pada jalur formal dan nonformal untuk melakukan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan.

Selengkapnya baca disini

Pendampingan EDS-MSPD Kota Yogyakarta dan Kab. Sleman

PENDAMPINGAN EDS-MSPD KOTA YOGYAKARTA DAN KABUPATEN SLEMAN

Kementerian Pendidikan Nasional telah mencanangkan Program Kegiatan Evaluasi Diri Sekolah/EDS dan Monitoring Sekolah oleh Pemerintah Daerah sejak tahun 2010. EDS dilaksanakan oleh sekolah dengan bantuan pengawas, sebagai satu kebutuhan untuk mengevaluasi dirinya sendiri terkait pelaksanaan terhadap Standar Pelayanan Minimal/SPM dan Standar Nasional Pendidikan/SNP. Manfaat dari EDS dan MSPD akan terefleksikan dari terpetakannya kelemahan dan kekuatan sekolah, terhimpunnya rekomendasi-rekomendasi terhadap permasalahan yang urgen, mendasar dan utama, baik di tingkat sekolah maupun kabupaten, dan lebih jauh lagi, dari terencananya program-program tindak lanjut demi pengembangan dan peningkatan mutu sekolah.

Read more...