Info Penting
Home / Berita / Diseminasi Program LPMP tahun 2016

Diseminasi Program LPMP tahun 2016

Membantu pemerintah daerah dalam bentuk supervisi, bimbingan, arahan, saran dan bimbingan teknis kepada satuan pendidikan dasar dan menengah dalam berbagai upaya penjaminan mutu pendidikan untuk mencapai Standar Nasional Pendidikan merupakan tugas pokok LPMP sebagaimana diamanatkan oleh PP nomor 19 tahun 2005. Hal ini mengharuskan LPMP DIY untuk menggandeng mitra dalam mewujudkan cita-cita terlaksananya penjaminan mutu pendidikan di satuan pendidikan. Demi terciptanya sebuah ekosistem dalam penjaminan dan peningkatan mutu di Daerah Istimewa Yogyakarta, LPMP D.I. Yogyakarta melaksanakan rapat koordinasi dan sinkronisasi program penjaminan mutu pendidikan tahun 2016 dalam bentuk diseminasi program LPMP 2016 yang mengambil tema “Saiyeg Saeka Praya dalam Peningkatan Mutu Pendidikan di Daerah Istimewa Yogyakarta”. Saiyeg saeka praya adalah bebasan (semacam peribahasa) bahasa Jawa yang memiliki arti “bahu-membahu dalam mencapai tujuan”. Tema ini diambil dengan maksud supaya terjalin kerja sama yang erat antara LPMP DIY dengan pihak terkait, yaitu Dinas Pendidikan, BKD, DPRD, Bappeda, Kanwil Kemenag, Badan Akreditasi Provinsi, serta sekolah dalam penjaminan mutu pendidikan.

Kegiatan yang dibuka oleh Direktur Pembinaan SMP, Ditjen Dikdasmen Kemdikbud, DR. Supriano, M. Ed pada hari Rabu tanggal 23 Maret 2016.  Dalam sambutannya, DR. Supriano menyatakan sangat mendukung upaya yang telah dilakukan oleh LPMP DIY ini dan berharap ke depannya LPMP akan lebih banyak bersinergi dengan pihak-pihak yang terkait dengan penjaminan mutu terutama pelaksanaannya di sekolah. Hal ini penting dilakukan karena pemberlakuan kurikulum nasional menuntut sekolah untuk lebih professional dalam mengelola sumber daya yang mereka miliki. Pada hari pertama ini juga diputarkan video video pelaksanaan system penjaminan mutu yang telah dijalankan oleh SD Muhammadiyah Al Mujahidin Wonosari yang telah didampingi oleh LPMP DIY sejak tahun 2009. Untuk mengapresiasi konsistensi SD Muhammadiyah Al Mujahidin dalam menjalankan penjaminan mutu, dalam kesempatan ini LPMP DIY memberikan penghargaan yang disampaikan oleh Direktur Pembinaan SMP kepada Kepala sekolah, Andar Jumailan, M.M.

Pada hari kedua, LPMP D.I. Yogyakarta menghadirkan narasumber antara lain DR. Gentur Sutapa (UGM), membawakan materi Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan, , Drs. Suhadi (BAP) yang menyampaikan tentang Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah, Drs. Andar Jumailan, MM (SD Muh. Al Mujahidin Wonosari) memaparkan Best Practice Implementasi Sistem Penjaminan Mutu di Satuan Pendidikan, serta Fidelis E. Waruwu, M.Sc.Ed (Untar) yang menjelaskan tentang Peran Pemimpin Pendidikan dalam Membentuk Karakter Bangsa. Selain paparan dari narasumber, hari kedua ini juga diisi dengan diskusi peserta guna mendapatkan peta permasalahan yang dihadapi oleh masing-masing kabupaten/kota dalam penerapan penjaminan mutu pendidikan serta rekomendasi yang diusulkan dalam upaya menyelesaikan kendala tersebut.

Acara pembukaan Desiminasi Program LPMP pada hari Rabu, 23 Maret 2016
Acara pembukaan Desiminasi Program LPMP pada hari Rabu, 23 Maret 2016
Pemberian penghargaan kepada SD Al Mujahidin Wonosari
Pemberian penghargaan kepada SD Al Mujahidin Wonosari
Sambutan Kadinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemda DIY
Sambutan Kadinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Pemda DIY
Penyampaian materi oleh Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Depdikbud
Penyampaian materi oleh Direktur Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Depdikbud
Pemaparan Materi oleh Fidelis E. Waruwu, M.Sc.Ed (Universitas Tarumanegara)
Pemaparan Materi oleh Fidelis E. Waruwu, M.Sc.Ed (Universitas Tarumanegara)
Suasana diskusi pada hari Kamis, 24 Maret 2016
Suasana diskusi pada hari Kamis, 24 Maret 2016

Artikel Lain

Bimtek Dapodikdasmen Tahap I Tahun 2018

Post Views: 941 Data adalah hal yang sangat penting karena data yang akurat merupakan dasar …