INFO PENTING
Home / Berita / Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013

Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013

Diklat K13 GS1Pelaksanaan Kurikulum 2013 yang telah dimulai pada tahun lalu, namun implementasi kurikulum ini dalam kenyataannya masih memerlukan banyak perbaikan dan pembenahan, mulai dari penyiapan perangkat modul, buku siswa, buku guru, narasumber, instruktur nasional dan guru sasaran sebagai daya dukung dan penggerak implementasi Kurikulum 2013. Pada tahun ini pemberlakuan kurikulum 2013 hanya pada sekolah sasaran atau piloting (SD, SMP, SMA dan SMK) yang telah ditunjuk, yang diharapkan pelaksanaannya akan lebih baik dan efektif terkait dengan rasional dan elemen perubahan kurikulum atau roh perubahan kurikulum. Semua guru kelas atau bidang studi sekolah sasaran diharapkan telah melaksanakan pada tahun ini.

Diklat K13 GS2Dilandasi oleh pertimbangan di atas, maka LPMP DIY sebagai lembaga penjaminan mutu pendidikan memandang perlu mengadakan fasilitasi berupa Kegiatan Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 sebagai wujud partisipasi aktif dalam mensukseskan Implementasi Kurikulum 2013. Pelatihan ini bertujuan agar Guru Sasaran mampu memahami dan mengimplementasikan Kurikulum 2013 di sekolahnya masing-masing, yang antara lain dimulai dari perubahan mindset, proses pembelajaran dan mengevaluasi hasil pembelajaran sesuai dengan Kurikulum 2013.

Diklat K13 GS3Peserta Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 ini adalah Guru SD (kelas 6 dan 3) sebanyak 411 orang, Guru SMP sebanyak 180 orang, Guru SMA dan SMK sebanyak 984 orang peserta (terdiri dari beberapa bidang studi) yang belum pernah mengikuti diklat serupa dan merupakan guru dari sekolah inti atau piloting diwilayah dinas pendidikan kota/kabupaten Propinsi D.I Yogyakarta. Sedangkan penatar dalam kegiatan ini terdiri dari berbagai unsur, yaitu : Pejabat Struktural LPMP D.I. Yogyakarta, Instruktur Nasional Kurikulum 2013, dan Widya Iswara LPMP D.I. Yogyakarta.

Seperti pada tahun sebelumnya pelaksanaan pelatihan guru sasaran dilaksanakan di Tempat Pelatihan Kurikulum (TPK) yang ditunjuk yaitu sebanyak 15 TPK di wilayah dinas Kabupaten/Kota di Provinsi D.I.Yogyakarta. Keberhasilan pelaksanaan diklat di TPK pada Guru Sasaran (GS) perlu didukung oleh sarana dan prasarana TPK yang memadai, termasuk didalamnya sumber daya manusia sebagai tim panitia. Tim panitia TPK terdiri dari kepanitiaan dan operator aplikasi manajemen pelaporan diklat kurikulum.
Kegiatan Diklat Guru Sasaran Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 dilaksanakan selama 6 hari, mulai Hari Kamis – Selasa, tanggal 25 Juni s.d 30 Juni 2015.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates