INFO PENTING
Home / Berita / Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

Bimbingan Teknis Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)

Seperti dua sisi mata uang, Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah menghendaki sinergitas antara Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) oleh sekolah dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) oleh instansi pendidikan di luar sekolah seperti dinas pendidikan, LPMP, maupun Badan Akreditasi Sekolah. Tak ayal, agar pelaksanaan penjaminan mutu pendidikan dapat berjalan dengan baik perlu dilakukan koordinasi antara seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) pendidikan dalam melaksanakan SPME. Dan demi ketelaksanaan SPME-Dikdasmen yang tepat sasaran dan tepat tujuan, pada tahun ini LPMP D.I. Yogyakarta kembali melaksanakan Bimbingan Teknik SPME bagi Tim Penjaminan Mutu Pendidikan-Pemerintah Daerah (Tim PMP–PD). Kegiatan ini dirancang untuk menyamakan persepsi, pemahaman, dan strategi implementasi SPME-Dikdasmen di Daerah Istimewa Yogyakarta, dengan fokus utama meningkatkan kapasitas Tim PMP-PD dalam mengembangkan SPME sesuai Permendikbud nomor 28 Tahun 2016.

Bimtek dilaksanakan selama 4 (empat) hari mulai tanggal 6 s.d. 9 Juni 2017 bertempat di LPMP D.I. Yogyakarta. Peserta Bimtek berjumlah 54 orang yang berasal dari unsur Tim PMP-PD Prov/Kab/Kota.

Narasumber kegiatan terdiri dari Tim Satgas PMP Ditjen Dikdasmen Kemendikbud, Pejabat Struktural LPMP D.I. Yogyakarta, serta Fasilitator Nasional SPMI dan Pemetaan Mutu Pendidikan. Bimtek SPME dilaksanakan dengan pola 32 jam pelajaran, mengusung materi  yang lumayan padat:

  1. Kebijakan Kemendikbud tentang penjaminan mutu pendidikan: Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016
  2. Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) dan Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME)
  3. Tim Penjaminan Mutu Pendidikan-Pemerintah Daerah (Tim PMP-PD): Fungsi, Tugas dan Kewenangannya
  4. Standar Nasional Pendidikan dan Indikator Pencapaiannya
  5. Pemetaan Mutu Pendidikan: Aplikasi pemetaan dan rapor mutu
  6. Analisis Data Mutu Pendidikan
  7. Penyusunan Rencana Pemenuhan Mutu: Intervensi Kebijakan Peningkatan Mutu Pendidikan
  8. Teknik pendampingan dan Fasilitasi: Metodologi Monitoring dan Pendampingan
  9. Program Sekolah Model SistemPenjaminan Mutu Internal (SPMI) Tahun 2017
  10. Rencana Tindak Lanjut: Penyusunan Rencana Aksi Implementasi SPME.

Setelah mengikuti Bimtek SMPE diharapkan Tim PMP-PD memiliki pemahaman, wawasan, dan yang paling penting mempunyai komitmen dan tekad yang selaras dengan LPMP dalam mendukung implementasi SPMI di sekolah.

Berikut dokumentasi Kegiatan Bimbingan Teknis SPME tahun 2017.

Menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya dalam Pembukaan Bimtek SPME.

Laporan penanggungjawab kegiatan SPME Dra Titi Sulistiyani, M.Pd.

Arahan kegiatan dari Kepala LPMP DIY, Dr. Subiyantoro, M.Pd sekaligus membuka kegiatan Bimtek SPME.

Pemaparan Materi oleh Narasumber Pusat Dr Rusjdy SA, M.Sc yang merupakan tim satgas penjaminan mutu pendidikan ditjen Dikdasmen Kemendikbud.

Suasana diskusi tim dari Dikpora Kab. Bantul dan Dikpora Kabupaten Gunungkidul dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh pemateri.

Suasana diskusi tim dari Dikpora Kab. Bantul dan Dikpora Kabupaten Gunungkidul dalam menyelesaikan permasalahan yang diberikan oleh pemateri.

Jika Anda menyukai artikel di website ini, silahkan input Email Anda pada Form yang disediakan, lalu Klik Untuk Berlangganan. Dengan begitu, Anda akan berlangganan setiap update artikel terbaru dari lpmpjogja.org gratis via FeedBurner ke Email Anda.Dan jangan Lupa Klik Link Konfirmasi di email Anda.

Silahkan ketik email Anda:

Free WordPress Themes - Download High-quality Templates